Tak Berkategori

Jelang Nataru di HSS, BIN Gencar Laksanakan Vaksinasi Covid-19

apahabar.com, KANDANGAN – Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melaksanakan percepatan vaksinasi dengan total sasaran 1.680 dosis…

Featured-Image
Vaksinasi antisipasi peningkatan kasus Covid-19 menjelang Nataru.Foto-apahabar.com/Nuha

bakabar.com, KANDANGAN – Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melaksanakan percepatan vaksinasi dengan total sasaran 1.680 dosis kepada masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Senin (13/12).

Masifnya kegiatan vaksinasi tersebut untuk mengantisipasi menjelang momentum natal dan tahun baru (nataru).

“Kami harapkan tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 seperti tahun sebelumnya,” kata Kabinda Kalsel Brigjen Pol Heri Armanto Sutikno melalui Kaposda BIN HSS Hartanto.

Selain itu, juga untuk menyukseskan kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat mencapai 70 persen sampai akhir tahun 2021 nanti.

BIN Daerah Kalsel telah menggelar vaksinasi sebanyak 11 kali di Kabupaten HSS bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat.

Sedangkan untuk hari ini, pihaknya menargetkan 680 dosis suntikan pertama dan kedua dengan berbagai jenis vaksin dipusatkan di Gedung Serbaguna Sinar Bakti di Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya.

“Bagi warga yang tidak bisa datang ke lokasi vaksinasi akan didatangi langsung ke rumah oleh tenaga kesehatan,” ujarnya.

Guna mensukseskan percepatan vaksinasi, para Ketua RT di seluruh wilayah HSS diharapkan dapat aktif mendata secara berjenjang kepada warga yang belum menerima vaksin.

Hal tersebut dimaksudkan supaya program vaksinasi dapat terpetakan dan memudahkan dalam pelaksanaannya.

“Mari secara kesadaran mengikuti vaksinasi ke tempat yang sudah disediakan pemerintah, TNI, Polri, BIN dan lainnya,” imbuh Hartono.

Data Dinas Kesehatan HSS, sampai dengan Sabtu (11/12) kemarin dari total sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 179.527 orang.

Dosis pertama sebanyak 88.229 atau 49,15 persen, dosis kedua sebanyak 58.780 atau 32,74 persen dan dosis ketiga sebanyak 1.496 atau 84 persen.

Camat Sungai Raya Mawardi menambahkan bahwa target sasaran vaksinasi di wilayahnya saat ini sudah mencapai 54 persen.

Bahkan, Kecamatan Sungai Raya bersama BIN akan kembali melaksanakan vaksinasi pada Kamis (16/12) mendatang di seluruh desa dari rumah ke rumah untuk mencapai target 100 persen.

“Setiap hari juga dilakukan vaksinasi di dua Puskesmas yaitu Puskesmas Batang Kulur dan Sungai Raya,” tandasnya.

img

Vaksinasi dilaksanakan dari rumah ke rumah warga.Foto-bakabar.com/Nuha



Komentar
Banner
Banner