Tak Berkategori

Jelang haul Sekumpul ke-14, Dinas Kesehatan Bantu Perlengkapan “Keamanan”

apahabar.com, MARTAPURA – Demi keamanan juru masak dan makanan yang akan dihidangkan pada Haul Abah Guru…

Featured-Image
Kadinkes Banjar Ikhwansyah (Kiri) Serahkan spanduk penyuluhan keamanan pangan kepada perwakilan juru masak dapur Umum Haul Abah Guru Sekumpul ke-14 di Aula pendopo Bani Alawi Gang Mahabbah Sekumpul Martapura, Sabtu (16/2) malam. Foto-apahabar.com/ Reza Rifani

bakabar.com, MARTAPURA - Demi keamanan juru masak dan makanan yang akan dihidangkan pada Haul Abah Guru Sekumpul ke-14, Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Banjar bantu perlengkapan keamanan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah menuturkan untuk kehigienisan makanan dan kenyamanan para juru masak pada saat memasak, pihaknya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan memberikan bantuan perlengkapan keamanan.

Baca Juga:Haul Guru Sekumpul Ke-14, Dinkes Banjar Beri Penyuluhan ke Juru Masak

Perlengkapan tersebut di antaranya berupa obat tetes mata, sarung tangan, masker, kantong plastik sampah, kaporit, dan spanduk penyuluhan keamanan pangan.

Dalam pelaksanaan Haul Sekumpul di tiap tahunnya, sambung Ikhwansyah, sudah menjadi kewajiban pihaknya dalam menangani kesehatan bahan pangan yang akan dikonsumsi para jemaah haul.

Pada saat haul, pihaknya akan melakukan pengambilan sampel dan langsung ketahuan hasilnya. Makanan yang tidak layak dikonsumsi tidak akan dihidangkan kepada para jamaah.

“Penyuluhan dan bantuan diharapkan agar tidak ada jemaah yang mengalami permasalahan kesehatan,” kata Ikhwansyah sehabis acara penyuluhan keamanan pangan di di Aula pendopo Bani Alawi Gang Mahabbah Sekumpul Martapura, Sabtu (16/2) malam.

Di tempat yang bersamaan, Kordinator Dapur Umum, H Abdurrahman Salim menyambut baik adanya penyuluhan dan bantuan yang diberikan Dinas Kesehatan, yang berupaya memastikan kesehatan pangan Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul.

“Penyerahan bantuan dan penyuluhan yang diberikan Dinas Kesehatan sangat bagus, karena memang untuk menjaga jangan sampai masakan terkontaminasi bakteri yang bisa membuat makanan itu kurang sehat dan tidak layak untuk di makan,” kata H Abdurrahman Salim pada bakabar.com.

Dapur umum, sambung H Abdurrahman Salim, akan memasak sebanyak 6.350 blek beras. Diperkirakan bisa dijadikan 952.500 bungkus nasi yang akan dibagikan pada jemaah.

Untuk jemaah, H Abdurrahman Salim mengingatkan, untuk menjaga kesehatan sebelum dan di saat peringatan Haul Abah Guru Sekumpul ke 14.

“Jaga stamina, terutama makan terlebih dahulu sebelum berangkat. Membawa air secukupnya serta obat-obatan sesuai dengan riwayat penyakit yang diderita. Jika terjadi kelelahan di perjalanan, usahakan beristirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan,” harapnya.

Baca Juga:Panitia Rilis Jalur yang Dilewati Para Jemaah Haul Abah Guru Sekumpul

Reporter: Reza Rifani
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner