Banjarmasin Hits

Jadi Pelaksana Pekan Raya Tabalong, Hipmi Prioritaskan UMKM

Pekan Raya Tabalong (PRT) bakal dilaksanakan selama seminggu di Expo Tanjung Bersinar, Keluarahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Featured-Image
Hipmi Tabalong saat menggelar konferensi pers terkait pelaksanaan Pekan Raya Tabalong. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Pekan Raya Tabalong (PRT) bakal dilaksanakan selama seminggu di Expo Tanjung Bersinar, Keluarahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-58 Kabupaten Tabalong. 

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Tabalong dipercaya sebagai pelaksana kegiatan yang dimulai 7 hingga 13 Desember 2023.

Hipmi Tabalong menyiapkan sedikit 192 stand bagi peserta PRT. Jumlah tersebut 50 booth SKPD, perusahaan swasta, BUMN dan BUMD.

Tenda sarnaville 3x3 meter ada 32 booth, untuk 5x5 meter ada 60 booth yang akan diisi fashion dan kuliner bagi pelaku UMKM.

Untuk festival kuliner Nusantara ada 30 booth, untuk peserta dari  kabupaten atau kota di luar Tabalong dan  untuk otomotif, developer, sekolah ada 20 booth.

"Untuk pelaku UMKM kami memprioritaskan dari Tabalong terlebih dahulu," kata Ketua pelaksana Pekan Raya Tabalong, Rizky Amelia, Minggu (3/12) kepada awak media.

Dijelaskan Kiki sapaan akrabnya, PRT ini salah satunya bertujuan untuk mengembangkan UMKM Tabalong. 

"Untuk itulah kami sedikitnya menyiapkan 25 tenda untuk UMKM di Tabalong," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Hipmi  Tabalong, Irwan Hidayat mengatakan kalau event ini lebih meriah dengan rangkaian kegiatan seni, budaya hingga promosi pariwisata lokal termasuk Festival Kuliner Nusantara.

"Festival kuliner Nusantara diisi oleh kabupaten/kota yang hadir, jadi konsep festival ini aneka jajanan tradisional maupun unik akan dijajakan," jelasnya.

Irwan mengharapkan event kali ini juga bisa membantu mengangkat pendapatan asli daerah (PAD) serta jadi ajang mempromosikan budaya, UMKM dan kuliner Tabalong.

"Harapannya PRT ini juga bisa mengangkat nama daerah tidak hanya di Kalimantan tetapi secara Nasional," katanya.

Untuk menarik minat pengunjung sejumlah artis bakal tampil di panggung utama tempat dilaksanakannya PRT, yaitu Dara (mantan personel The Virgin) dan Tri Suaka.

PRT juga akan dimeriahkan oleh  Mama Lita Masterchef Indonesia dan Madihin John Tralala.

"Ada juga musik tradisional, tarian tradisional, lomba lagu Banjar dan talk show," pungkas Irwan.

Editor


Komentar
Banner
Banner