Religi

Jadi Destinasi Menarik untuk Wisata Rohani, Ini 4 Tempat Saksi Peristiwa Isra Mikraj

Perayaan Isra Mikraj jadi momen yang bersejarah bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia yang dirayakan setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender hijriyah.

Featured-Image
Salah satu tempat persinggahan Nabi Muhammad saat Isra Mikraj, Baitul Maqdis. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Perayaan Isra Mikraj jadi momen yang bersejarah bagi seluruh umat Islam di seluruh dunia yang dirayakan setiap tanggal 27 Rajab dalam kalender hijriyah.

Tahun ini, 27 Rajab atau perayaan Isra Mikraj dalam kalender masehi jatuh pada tanggal 18 Februari 2023.

Sebagai informasi, Isra Mikaj sendiri merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem, serta perjalanan dari bumi menuju Sidratul Muntaha atau langit ketujuh.

Dalam perjalanan Nabi Muhammad SAW yang dilakukan selama satu malam, ada beberapa tempat yang disinggahi yang kini menjadi destinasi ibadah dan ziarah umat Muslim dari berbagai penjuru dunia. Di mana saja tempat-tempat tersebut? Berikut 4 Tempat Saksi Peristiwa Isra Mikraj:

1. Masjidil Haram

Terletak di Mekkah, Masjidil Haram menjadi masjid tertua dan pertama yang dibangun di bumi. Masjid ini menjadi kiblat bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah salat.

Umat Islam yang bepergian ke Masjidil Haram biasanya datang untuk melaksanakan ibadah umrah atau haji. Hal-hal yang ikonik Masjidil Haram ada Ka’bah, Hajar Aswad, serta air zam-zam yang sumurnya tak pernah mengering.

Dalam awal keberangkatan Nabi Muhammad, ada riwayat yang menceritakan bahwa dada Rasulullah dibersihkan oleh Malaikat Jibril dengan air zam-zam. Setelahnya, Nabi naik binatang bernama buraq yang membawanya menuju peristiwa Isra Miraj bersama Malaikat Jibril.

2. Madinah

Selama perjalanan Isra Mikraj, Nabi Muhammad beberapa kali singgah di berbagai tempat untuk melaksanakan salat, salah satunya di Taibah atau dikenal juga dengan nama Madinah. Di tempat ini pula, Malaikat Jibril menunjukkannya sebagai kota yang akan menjadi tujuan hijrah Nabi.

Di Madinah, terdapat Masjid Nabawi yang merupakan tempat suci kedua bagi umat muslim setelah Masjidil Haram. Madinah tidak hanya dijadikan tempat umat Muslim untuk melaksanakan umrah dan haji, tapi juga berziarah ke makam Rasulullah SAW.

3. Bethlehem

Selanjutnya diriwayatkan Nabi Muhammad juga singgah di Bethlehem untuk melaksanakan salat selanjutnya. Dengan menaiki buraq dan ditemani oleh Malaikat Jibril, beliau mengunjungi tempat yang juga jadi lokasi Nabi Isa bin Maryam dilahirkan.

Sejarah mencatat, Bethlehem merupakan kota tua yang sudah dihuni manusia sejak 3.000 tahun sebelum Masehi. Kota ini menyuguhkan perbukitan yang membentang indah di sekelilingnya. Berada di wilayah Palestina, kota Bethlehem juga disebut sebagai simbol harmonisasi umat beragama.

4. Baitul Maqdis

Kemudian perjalanan Nabi sampai di Baitul Maqdis, yang merupakan kawasan tempat berdirinya Masjid Al Aqsa. Masjidil ini merupakan kiblat pertama seluruh umat Islam di dunia. Selain itu, tempat ini juga jadi saksi bisu diperintahkannya Nabi Muhammad untuk melaksanakan salat pertama yang ditunjukkan oleh Allah SWT.

Terletak di Yerusalem, Masjid Al Aqsa tidak hanya jadi tempat untuk beribadah saja, tapi di dekat lokasi tersebut ada juga museum yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana. Di Islamic Museum & Al Aqsa Library terdapat berbagai macam benda-benda peninggalan bersejarah seperti peninggalan dari peristiwa Perang Salib hingga kain penutup Kakbah.

Editor
Komentar
Banner
Banner