News

Ini Lokasi Nyoblos Capres-Cawapres 2024

Hari ini pencoblosan Pemilu 2024. Di mana tiga pasangan calon capres dan cawapres yang bertarung di Pilpres ini akan mencoblos.

Featured-Image
TIGA Paslos Capres-Cawapres 2024: Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.(foto: net)

bakabarcom, JAKARTA - Hari ini pencoblosan Pemilu 2024. Di mana tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang bertarung di Pilpres ini – Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md— akan mencoblos?

Ini dia lokasinya.

Cappres nomor urut 01 Anies Baswedan akan mencoblos di TPS 060 di dekat kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Anies mengaku bakal mencoblos bersama-sama dengan keluarganya. "Seperti biasa, kita doa. Dan doa tidak pernah putus dari kemarin. Jadi saya juga mengajak kepada semua mari semua simpatisan, semua pendukung untuk berdoa sesuai dengan ajaran agamanya masing-masing," kata Anies kepada wartawan di kediamannya di Jalan Lebak Bulus II, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Anies berbicara bagaimana kekuatan doa dalam mencapai sesuatu. Anies berharap pemilu kali dilancarkan dan pihaknya mendapat hasil yang terbaik.

Cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan menjalani pemungutan suara atau mencoblos di TPS 023 yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada pagi ini.

Dia menjelaskan alasan mengapa memilih mencoblos di Kemang. Kata Cak Imin, KTP (kartu tanda penduduk) miliknya beralamat di kawasan antara Kecamatan Mampang Prapatan dan Kecamatan Pasar Minggu itu.

"KTP saya di situ, saya kan sama mertua di situ" sebutnya.

Namun, sebelum mencoblos, Cak Imin akan berangkat dari kediamannya di Kompleks Widya Chandra IV untuk berziarah terlebih dahulu ke makam keluarganya di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

"Pukul 06:30 - 07:20 ziarah makam Abah di TPU Jeruk Purut, Jakarta," ujarnya.

Setelah berziarah dan mencoblos, Cak Imin akan memantau perhitungan suara bersama Timnas AMIN.

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto akan menggunakan hak pilih di TPS 33, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Pak Prabowo akan menunaikan hak pilih beliau di Hambalang, di Bojong Koneng. Beliau akan pilih di sana pagi," kata Jubir Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Sriwijaya 16, Jakarta Selatan, Selasa (13/2/2024).

Usai mencoblos Prabowo dijadwalkan akan hadir ke acara nonton bareng quick count oleh TKN di Istora Senayan.

Sekretaris TKN Nusron Wahid mengatakan Prabowo dan Gibran akan hadir saat hasil perhitungan suara cepat sudah mendekati angka 80-90 persen.

Sementara itu, pasangannya yakni Gibran Rakabuming Raka bersama istri akan mencoblos di TPS 34 Kampung Kampung Tirtoyoso RT 4/RW 13, Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

TPS 34 Manahan Solo ini mengusung tema Valentine. Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 34, Heru Mawanto, mengatakan total ada 182 DPT di TPS 34 termasuk Gibran dan sang istri Selvi Ananda.

“Gibran dan Selvi menggunakan hak pilihnya di TPS 34. Nama keduanya tercatat dalam DPT yang berjumlah 182 orang,” ujar Heru, Selasa (13/2).

Sementara itu, Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo bersama keluarganya akan mencoblos di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Kota Semarang.

Dia pun sempat menyampaikan persiapan jelang pemungutan suara. "Ya nyoblos lah. Mandi dulu, mandi bersih, berangkat nyoblos," kata Ganjar, Selasa (13/2/204).

Ganjar mengaku akan mencoblos bersama mantan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi atau Hendi.

"Kira-kira nyoblos jam 08.00 kali ya. Mau nyoblos sama Mas Hendi," imbuhnya.

Kemudian, cawapres Mahfud Md akan menggunakan hak pilihnya di TPS 106 di Jalan Jati No 61 Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istiewa Yogyakarta.

 Sebelum melakukan pencoblosan, Mahfud sempat menjadi imam salat subuh di Masjid Darul Ikrom yang berada persis di seberang rumahnya, Rabu (14/2/2024) pagi. Setelah selesai salat, Mahfud kembali masuk ke kediamannya untuk bersiap sarapan bersama istri dan keluarga.

Mahfud menggelar sarapan dengan lauk gudeg khas Yogyakarta secara lesehan bersama keluarga dan awak media di komplek masjid depan rumahnya. Ditanya soal persiapannya di hari pencoblosan, Mahfud mengatakan tak ada persiapan khusus.

"Tidak (ada persiapan khusus) saya nunggu jadwal (ke TPS) saja, kan mulainya kalau jam 08.00, jadi saya berangkat jam 07.45 nanti," kata Mahfud, yang dikutip dari tempo.co.

Mahfud mengatakan, setelah mencoblos, pada pukul 11.00 WIB ia musti bertolak ke Jakarta untuk mengikuti proses quick count dan laporan-laporan pemilu dari berbagai daerah. "Insya Allah secara garis besar kita nanti secara umum sudah akan melihat hasil pemilu sekitar jam tiga sore ya," ujarnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner