News

Ingin Rezeki Datang dari Arah tak Terduga, Ini Syaratnya

Allah SWT menyerukan agar mereka bertawakal kepada-Nya. Karena, Allah SWT -lah yang mencukupkan keperluannya menyukseskan urusannya.

Featured-Image
gbu-harmovniki.ru

bakabar.com, JAKARTA – Allah SWT memberikan anugerah rezeki kepada setiap makhluk-Nya. Jadi, pada hakikatnya rezeki masing-masing orang tidak akan tertukar.

Dalam Surat At Talaq ayat 3, Allah SWT berfirman:  

"Dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu."

Dalam tafsir Kementerian Agama dijelaskan bahwa Allah SWT akan memberi makhluk-Nya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka dengan memberikan kebutuhan fisik maupun kebutuhan rohani. 

Dan barang siapa bertawakal kepada Allah SWT dalam segala urusan, niscaya Allah SWT cukup sebagai tempat mengadu bagi diri-nya. 

Sesungguhnya Allah SWT melaksanakan urusan-Nya dengan penuh hikmah bagi manusia. Sungguh, Allah SWT telah menjadikan segala sesuatu dengan kadarnya sehingga setiap orang tidak akan menghadapi masalah di luar batas kemampuannya.

Bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT, mereka tidak saja diberi dan dimudahkan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya, tetapi juga diberi rezeki oleh Allah SWT dari arah yang tidak disangka-sangka, yang belum pernah terlintas dalam pikirannya. 

Selanjutnya Allah SWT menyerukan agar mereka bertawakal kepada-Nya. Karena, Allah SWT -lah yang mencukupkan keperluannya menyukseskan urusannya. 

Bertawakal kepada Allah SWT artinya berserah diri kepada-Nya, menyerahkan sepenuhnya kepada-Nya atas keberhasilan usaha. Setelah ia berusaha dan memantapkan satu ikhtiar, barulah ia bertawakal. 

Bukanlah tawakal namanya apabila seorang menyerahkan keadaannya kepada Allah SWT tanpa usaha dan ikhtiar. Berusaha dan berikhtiar dahulu baru bertawakal menyerahkan diri kepada Allah SWT   

Rezeki Berkah

Di masa yang kian sulit dan krisis, banyak orang mencari cara untuk meningkatkan rezeki yang berkah dalam hidupnya. Namun apa saja faktor yang menjadikan rezeki itu berkah?

Keberkahan adalah anugerah dari Allah SWT yang sejatinya bertambah. Namun keberkahan ini tidak diukur dengan faktor bertambahnya materi yang didasarkan pada kemampuan manusia, karena ini adalah anugerah ilahi. Allah SWT berfirman:

"Kepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (golongan) itu (yang menginginkan akhirat), Kami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi." (QS. Al Isra ayat 20)

Karena itu, ketika Allah SWT memberikan keberkahan pada harta seorang hamba, maka bertambahlah harta tersebut. Dalam konteks demikian, apa saja hal-hal yang membuat rezeki berkah? Berikut ini penjelasannya.

1). Takwa kepada Allah SWT

Bertakwa kepada Allah SWT adalah salah satu faktor melimpahnya dan berkah rezeki. Hal ini sebagaimana dijanjikan Allah SWT dalam Alquran:

"...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (Q.S. At Talaq ayat 2-3)

2). Bertobat dan Mohon Ampunan

Ada kaitan antara tobat dan rezeki berkah. Sejatinya manusia adalah lemah. Tidak bisa menjauhi segala kekurangan dan bentuk-bentuk kemaksiatan. Allah SWT berfirman:

"Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah." (QS. An Nisa ayat 28)

Manusia bisa saja meninggalkan apa yang diperintahkan kepadanya dan melakukan apa yang dilarangnya, sehingga berujung pada dosa. Sedangkan dosa adalah salah satu faktor yang merampas rezeki seseorang, dan menghilangkan keberkahan rezeki.

Karena itu, faktor lain yang menjadikan rezeki berkah adalah bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya, serta memohon ampunan kepada Allah SWT dengan sering-sering mengucapkan kalimat istighfar.

3) Bersyukur

Allah SWT mengaruniakan kepada manusia segala nikmat-Nya, yang tentu mustahil untuk bisa dihitung. Dialah yang menciptakan seluruh alam semesta, dan menjadikannya sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia. Allah SWT berfirman:

"Dan Dia menundukkan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi untukmu semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya. Sungguh, dalam hal yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir." (QS. Al Jasiyah ayat 13)

Hal ini karena itu, seorang Muslim seharusnya bersyukur karena begitu banyak nikmat yang diberikan Allah SWT.

4) Sedekah

Sedekah adalah salah satu amalan terbaik dan paling utama. Menyedekahkan harta atau memberikan sesuatu yang berharga kepada orang yang berhak menerima, demi ketakwaan kepada Allah SWT dan berharap pahala serta ampunan Allah SWT.

Sedekah pulalah yang menjadi salah satu alasan diturunkannya rezeki berkah yang berlimpah. Allah SWT berfirman:

"Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS Saba' ayat 39)

5) Menolong orang-orang lemah

Menolong orang-orang beriman yang lemah juga termasuk hal yang menjadikan rezeki berkah. Hal ini didasarkan pada hadits berikut:

Sa'ad menganggap bahwa dirinya memiliki kelebihan dibanding orang lain. Kemudian Nabi SAW bersabda, "Tidaklah kalian ditolong dan diberi rezeki melainkan karena adanya (doa) orang-orang yang lemah (di antara) kalian." (H.R. Bukhari)

Sumber: fatora dan republika.co.id

Editor
Komentar
Banner
Banner