Gaya Hidup

Ingin Berkurban di Iduladha 1444 H? Simak Tips Memilih Hewan Kurban

Hari Raya Iduladha 1444 H tak akan lama lagi, tak sedikit dari masyarakat yang akan berkurban.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Hari Raya Iduladha 1444 H tak akan lama lagi, tak sedikit dari masyarakat yang akan berkurban.

Diketahui, berkurban sendiri bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, yakni bersyukur atas nikmat-Nya dengan berbagi daging kurban.

Salah satu faktor terpenting dalam ibadah kurban yakni dengan memberikan kurban yang terbaik.

Beberapa hewan yang biasa dijadikan kurban seperti sapi, kambing, kerbau atau Ddomba haruslah dalam keadaan yang baik dan sehat.

Untuk itu, ada beberapa tips atau kriteria yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban.

1. Sehat

Kondisi hewan kurban harus dalam keadaan sehat. Ini dapat dilihat dari alat indranya mata masih terlihat cerah dan tidak belekan, cermin hidung yang basah dan bersih. Secara fisik, bulu hewan juga dalam keadaan bersih dan tidak kusam, tidak kurus, gerakan lincah, serta memiliki nasfu makan yang baik.

2. Tidak dalam Keadaan Cacat

Hewan kurban juga tidak dalam keadaan cacat, seperti tidak buta, pincang, tanduk dan daun telinga juga masih telihat utuh serta buah zakar masih utuh dan lengkap sepasang atau tidak dikebiri.

3. Cukup Umur

Hewan yang ingin dikurbankan juga harus dalam keadaan yang telah cukup umur, seusai dengan jenis hewannya.

Untuk domba, sekurang-kurangnya berumur satu tahun atau telah berganti gigi (musinnah). Kemudian, kambing setidaknya harus berusia dua tahun dan telah memasuki tahun ketiga. Sementara sapi atau kerbau, berusia lima tahun dan telah memasuki umur ke-6.

Untuk mengetahui usia hewan kurban, anda bisa melihat giginya yang sudah tanggal atau belum. Jika belum, berarti hewan kurban tersebut belum dewasa dan belum layak untuk disembelih.

4. Pemilihan Lokasi Pembelian Hewan Kurban

Pemilihan tempat untuk membeli hewan kurban menjadi hal yang juga tak kalah penting.

Hindari membeli hewan kurban yang diternak di tempat pembuangan sampah. Sebab, akan berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh yang nanti akan mengonsumsinya.

Pilihlah hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, karena berpengaruh pada tingkat stres yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner