Kalsel

HST Gelar Upacara Dini Hari, Renungan Suci di TMP Kesuma Bangsa

apahabar.com, BARABAI – Tepat pukul 00.00 malam pergantian tanggal 16 ke 17 Agustus 2019, dalam rangkaian…

Featured-Image
Kapolres HST AKBP Sabana Atmojo, Inspektur Upacara Kehormatan dan Renungan Suci membacakan janji dan sumpah kepada para pahlawan yang terbaring di TMP Kesuma Bangsa, Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa, HST. Foto-Istimewa

bakabar.com, BARABAI – Tepat pukul 00.00 malam pergantian tanggal 16 ke 17 Agustus 2019, dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) memulai upacara kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa.

Upacara berlangsung khidmat saat semua lampu dipadamkan. Hanya dengan cahaya api obor, suasana renungan suci makin terasa.

Diiringi suara terompet beralun-alun sayu, semua jajaran Pemkab HST serta Forkopimda HST yang terdiri dari TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan dan DPRD, Veteran, Paskibraka serta Pramuka mulai mengheningkan cipta.

Di TMP itu terkubur 89 jasad pahlawan. Dari TNI AD berjumalah 2 orang, Polri 2 orang, pejuang rakyat 79 orang dan sipil 6 orang.

"Kami menyatakan salam hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian dan pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ucap lantang Kapolres HST, AKBP Sabana Atmojo saat menjadi Inspektur Upacara kehormatan di pergantian hari itu.

img

Para anggota Pramuka mengheningkan cipta di atas makam 89 pejuang di TMP Kesuma Bangsa, Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa, HST. Foto-Istimewa

Peserta upacara pun bersumpah dan berjanji atas perjuangan para pahlawan. Terlebih kepada Pahlawan yang terbaring di TMP itu.

“Perjuangan pahlawan adalah perjuangan kita pula dan jalan kebaktian para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kita juga. Semoga arwah para pejuang diterima dan mendapatkan tempat yang layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” tegas Sabana kepada para peserta Upacara dan renungan suci itu.

Usai upacara dan renungan itu, Bupati HST, HA Chairansyah bercerita bahwa masa lampau, pengorbanan darah, harta dan nyawa menjadi taruhan bagi kemerdekaan RI. Semua itu dilakukan dengan tulus, ikhlas, dan sukarela oleh para pahlawan.

“Kenang jasa para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan,” ucap Bupati. Mari kita melanjutkan dan mengisi kemerdekaan ini dengan semangat patriotisme, nasionalisme dan rela berkorban untuk membangun bumi murakata menjadi lebih baik,”ajak Bupati.

Baca Juga: Ribuan Pelajar Tapin Meriahkan Karnaval HUT RI

Baca Juga:Unik! Sambut HUT RI ke-74, Kades Sungai Rangas Siapkan Lomba Tangkap Bebek

Reporter: HN LazuardiEditor: Syarif

Komentar
Banner
Banner