Kalsel

Hore! Remisi Lebaran Warga Binaan di Kalsel Diusulkan Bertambah, Segini Jumlahnya

apahabar.com, BANJARMASIN – Jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Kalsel yang menerima remisi khusus Lebaran Idulfitri…

Featured-Image
Ilustrasi remisi. Foto: Dok.Tempo.co

bakabar.com, BANJARMASIN – Jumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Kalsel yang menerima remisi khusus Lebaran Idulfitri 2021 ini bakal bertambah.

“Ada susulan tambahan,” ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Sri Yuwono, Selasa (12/5).

Sebelumnya, ada 4.842 WBP yang tersebar di 14 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) di Kalsel diusulkan mendapat remisi khusus Idulfitri kali ini.

Yuwono menyebutkan, dari 4.842 usulan awal ada sebanyak 72 yang masuk usulan penambahan. Sehingga sementara total WBP yang diusulkan mendapat remisi khusus menjadi 4.914 orang.

img

Dirincikan, untuk remisi khusus I atau pengurangan masa tahan ditambah sebanyak 45 orang. Sehingga dari usulan awal 4.828 orang menjadi 4.873 orang.

Kemudian untuk remisi khusus II atau langsung bebas ada penambahan sebanyak 27 orang. Dari sebelumnya 14 orang menjadi 41 orang.

Dijelaskan Yuwono bahwa usulan penambahan ini masih bersifat belum final. Kemungkinan masih ada usulan penambahan yang akan dilakukan oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel.

“Jadi prosesnya masih terus berjalan. ini belum final, bahkan usai lebaran masih bisa. Terakhir pengusulan remisi untuk lebaran itu 15 Mei,” jelasnya.

Sebelumnya, selain warga binaan dewasa, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel juga mengusulkan pembangunan remisi khusus Idulfitri WBP anak, yang berjumlah 55 anak.

Rinciannya 26 WBP anak menerima remisi khusus I 15 hari, 27 menerima 1 bulan, dan 2 menerima satu bulan setengah.

Komentar
Banner
Banner