Banjarmasin Hits

Hore! Para Kades di Kabupaten Banjar Dapat Motor Dinas Baru

Kepala desa (Kades) se-Kabupaten Banjar, Kalsel, mendapat kucuran dana untuk pembelian sepeda motor dinas baru. Perunit dianggarkan Rp36 juta.

Featured-Image
Foto ilustrasi. foto:Liputan6

bakabar.com, MARTAPURA - Kepala desa se-Kabupaten Banjar, Kalsel, mendapat kucuran dana untuk pembelian sepeda motor dinas baru.

Para kades diberi kebebasan memilih jenis motor yang sesuai kebutuhan. Total anggarannya Rp 9.972.000.000 dari APBD Perubahan 2023.

Jika dibagi ke total 277 desa se-Banjar, masing-masing Kades mendapatkan Rp36 juta untuk beli motor dinas baru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Banjar, Syahrialludin, mengatakan anggaran tersebut diusulkan karena kendaraan dinas pambakal sudah banyak yang rusak, bahkan ada yang tidak bisa digunakan lagi.

"Terakhir pembelian sepeda motor dinas sekitar tahun 2009, jadi wajar kalau saat ini pemerintah daerah membantu sebagai bentuk perhatian," ungkap Syahrial, Jumat (10/11).

Ia menjelaskan, dana pembelian sepeda motor dinas disalurkan melalui anggaran dana desa (ADD) masing-masing.

Mikanismenya, tiap desa dipersilakan membeli sepeda motor sesuai kebutuhan. Misalnya, desa yang berada di wilayah gunung dapat membeli sepeda motor jenis trail. Membelinya melalui e-Katalog, agar mudah dan terpantau.

"Jadi silahkan membeli dan memilih sendiri, kalau dananya masih ada sisa akan jadi SILPA, tidak boleh harganya lebih dari anggaran. Jika tidak dipakai untuk pembelian sepeda motor maka anggarannya dikembalikan ke pemetintah daerah," papar Syahrial.

Lebih lanjut ia menjelaskan, alasan tidak dilakukan pengadaan secara massal, karena akan memakan waktu yang lama mengingat APBD Perubahan baru diketok akhir Agustus tadi. "Kalau memalui pengadaan tidak cukup waktunya," tandas Syahrial.

Editor


Komentar
Banner
Banner