Kalsel

Hingga Kini, Pejuang Kemerdekaan di Tanbu Tersisa Belasan Orang

apahabar.com, BATULICIN – Dari data DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ada…

Featured-Image
Ilustrasi veteran RI. Foto: Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Dari data DPC Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ada sebanyak 23 orang dan 17 janda veteran yang masih hidup.

Dari 23 daftar itu, terdapat 18 orang merupakan veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) dan 5 orang Veteran Perdamaian Republik Indonesia.

Veteran PKRI adalah warga negara Indonesia yang dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1949 yang berperan secara aktif berjuang untuk mempertahankan NKRI di dalam kesatuan bersenjata resmi dan/atau kelaskaran yang diakui oleh pemerintah pada masa perjuangan.

Veteran Perdamaian Republik Indonesia adalah warga negara Indonesia yang berperan secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam rangka melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Rencananya semua veteran tersebut akan mendapatkan bantuan dari Pemkab Tanbu dalam momen HUT RI ke-76 ini.

“Insyaallah mereka itu akan menerima bantuan dari Pak Bupati Zairullah Azhar menyambut momen hari kemerdekaan nanti,” ungkap Kepala Dinas Sosial Tanbu, H Basuni, kepada bakabar.com, Selasa (10/8).

Basuni mengatakan rencana bantuan untuk para veteran dan janda veteran akan diserahkan per wilayah kecamatan.

“Agar tidak salah dan supaya mudah, kita akan melihat daftar alamatnya,” ujarnya.

Basuni menambahkan selama pandemi Covid-19 ini, para veteran dan janda veteran juga diberikan bantuan berupa sembako oleh pemerintah daerah.

“Bantuan dari bupati yang kita salurkan melalui dinas sosial,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner