Hot Borneo

HBP ke-59, Momentum Refleksi Nasionalisme para Pejuang Banua

Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel dan ratusan petugas lapas se-Banjar Raya berziarah dan menabur bunga di Taman Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru, Kamis (6/4).

Featured-Image
Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali menabur bunga di Taman Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel dan ratusan petugas lapas se-Banjar Raya berziarah dan menabur bunga di Taman Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru, Kamis (6/4).

Selain memperingati hari bakti pemasayarakatan (HBP) ke-59, tabur bunga kali ini sebagai momentum merenungkan semangat nasionalisme para pejuang di Banua.

"Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Indonesia," kata Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali.

Menurutnya, mengenang jasa pahlawan merupakan suatu hal yang sangat penting, karena tanpa pahlawan, tentu kemerdekaan Indonesia akan sangat sulit.

"Ini juga sebagai bahan renungan para generasi penuerus masa kini dan mendatang untuk terus berjuang di era digitalisasi," ujarnya.

Baca Juga: Kedapatan Pesta Sabu, Dua Pemuda Dibekuk Satresnarkoba Polres Tapin 

"Perjuangan anak bangsa saat ini dan mendatang bahkan lebih sulit karena harus bersaing dengan budaya luar yang terus merambat ke kehidupan masayarat tanah air," imbuhnya.

Di sisi lain, Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang mengatakan upacara tabur bungan ini merupakan suatu ritual untuk mengenang para jasa pejuang.

"Hari ini, kita bisa merdeka karena jasa para pendahulu. Dari itu, semangat pahlawan tentu harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," sahutnya.

Baca Juga: Tampil Dominan, Barito Putera Ditahan Bhayangkara FC di Wibawa Mukti

Amico mengatakan dengan menanamkan semangat para pejuang, pelayanan di Lapas Banjarbaru pun terus ditingkatkan.

"Baik dari segi melayani tamu, maupun melakukan pembinaan terhadap warga binaan agar bisa diterima kembali di masyarakat," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner