haul guru sekumpul

Haul Guru Sekumpul, Tokoh Hindu: Cerminan Toleransi Indonesia

Tokoh umat Hindu Gede Narayana mengapreasi Haul Guru Sekumpul yang digelar di Banjarmasin Harini ini, Kamis (26/1).

Featured-Image
Haul Guru Sekumpul di Ar-Raudah sebelum pandemi Covid-19 melanda Kalsel. Foto-dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Tokoh umat Hindu Gede Narayana Sunarkha mengapresiasi pergelaran Haul Guru Sekumpul ke-18 di Kabupaten Banjar, sore ini, Kamis (26/1).

Gede berkata Guru Sekumpul sebagai sosok yang menghormati dan menghargai sesama manusia, tidak memandang baik suku, agama, dan golongan.

"Beliau ini juga negarawan mengajarkan Pancasila yang menjadi simbol Indonesia," ujarnya saat dihubungi bakabar.com, Kamis (26/).

Baca Juga: Paspampres Tinjau Kampung Keramat, Lokasi Haul ke-18 Guru Sekumpul

Gede menambahkan keberagaman yang terdiri dari agama dan suku-suku bangsa adalah tonggak yang menjadi jati diri bangsa Indonesia. Indonesia adalah negara yang beragam mengedepankan toleransi dan Haul Guru.

"Ini adalah cerminan dari itu," tambahnya.  

Pluralitas agama di Indonesia, menurutnya harus senantiasa disyukuri dan dipelihara. Keberagaman tersebut jika dirawat dengan toleransi, maka menjadi kekayaan yang luar biasa yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.

“Toleransi adalah kuncinya. Dan itu semua ditanamkan oleh Guru Sekumpul,” pungkasnya.

Sebagai pengingat, pelaksanaan Haul Akbar Ke-18 Syekh Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Guru Sekumpul sore ini dihelat setelah dua tahun ditunda akibat pandemi Covid-19. Sesuai rencana, haul sang guru juga bakal dihadiri Wapres Ma'ruf Amin.



Editor
Komentar
Banner
Banner