Pemkab Banjar

Haul Datu Bagul, Wabup Sebut Kabupaten Banjar Gudangnya Para Wali

Ribuan warga memadati Haul Syekh Aminullah atau Datu Bagul, yang digelar di kubah makam Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Kalsel.

Featured-Image
Wabup Banjar Habib Idrus Al-Habsyi menghadiri Haul Datu Bagul, di Desa Keramat Baru, Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Minggu (16/7). Foto-MC Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Ribuan warga memadati Haul Syekh Aminullah atau Datu Bagul, yang digelar di kubah makam Desa Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Minggu (16/7).

Acara haul diawali dengan pembacaan maulid habsyi oleh rombongan Langgar Raudhatul Taqwa asal Desa Melayu Tengah dipimpinan Guru Muhammad Sonhaji.

Peringatan haul ulama asal Persia, Timur Tengah tersebut dihadiri Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie, berbaur dengan ribuan jemaah yang meluber hingga perkebunan karet di sekeliling bangunan makam almarhum.

Atas nama pemerintah daerah, Wabup Banjar mengatakan bersyukur dapat bersilaturahmi dengan para alim ulama dan habaib, juriat almarhum serta jemaah.

Menurutnya, banyaknya jemaah hadir menunjukkan salah satu wujud kecintaan masyarakat terhadap aulia untuk mengenang semua kebaikan dan jasa-jasa yang diberikan almarhum semasa hidupnya.

"Haul ini menjadi media kita untuk mengingat jasa-jasa beliau dan memupuk rasa kebersamaan. Semoga kita semua mendapatkan berkah, rahmat dan magfirahNya,” ucap Habib Idrus.

Wabup Banjar melanjutkan, ulama memegang posisi penting sebagai pembinaan terhadap umat.

"Kabupaten Banjar gudangnya aulia (para wali) harus bisa berpacu dengan waktu di era globalisasi, yang diharapkan tidak akan pernah lapuk oleh perkembangan zaman," kata Wabup.

Sementara Habib Idrus Al Kaff dalam tausiahnya menyebut, meski sudah ratusan tahun berpulang namun auranya Datu Bagul bagai magnet yang kuat, mampu menyedot perhatian, terbukti dengan banyaknya jemaah yang menghadiri haulnya, dikarenakan jasa dalam penyebaran ajaran agama.

”Semoga kita dapat meneladani Syekh Datu Bagul,” ucap Habib Idrus Al-Kaff.

Baca Juga: Pemkab Banjar Kini Punya Laboratorium Kesehatan dengan 6 Pelayanan

Editor


Komentar
Banner
Banner