Sport

Hasil Liga 1: Ryota Noma Kunci Kemenangan Barito Putera Atas Bali United

Ditangani pelatih sementara Isnan Ali, Barito Putera berhasil menundukkan Bali United dalam partai lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo

Featured-Image
Eksekusi tendangan bebas Fadil Sausu yang sempat membuat Bali United menyamakan kedudukan melawan Barito Putera, Minggu (5/2) malam. Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, SLEMAN - Ditangani pelatih sementara Isnan Ali, Barito Putera berhasil menundukkan Bali United dalam partai lanjutan Liga 1 musim 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (5/2) malam.

Pertandingan berlangsung dalam skema terbuka. Barito yang mengandalkan Gustavo Tocantins sebagai ujung tombak tunggal, tak segan meladeni permainan Bali United.

Adapun Bali yang menempatkan trio Privat Mbarga, Ilija Spasojevic dan Irfan Jaya di barisan depan, bermain cukup agresif di lini tengah, terutama direct pass.

Namun Barito Putera berhasil mencetak gol lebih dulu melalui set piece tendangan bebas di menit 16, menyusul pelanggaran Wellington Carvalho di jarak sekitar 25 meter dari gawang.

Renan Alves yang menjadi eksekutor, sukses menempatkan bola mendatar ke sudut kanan gawang. Bola sempat membentur tiang, sebelum menjadi gol.

Gol tersebut menempatkan Renan Alves sebagai top skorer di Barito dengan 5 gol, sekaligus menjadi bek tengah tertajam di Liga 1 musim 2022/2023.

Memasuki menit 20, Barito Putera nyaris menggandakan keunggulan melalui sepakan spekulasi Mike Ott. Namun bola masih dapat ditepis kiper Nadeo Argawinata.

Bali United memperoleh peluang bagus di menit 23, ketika Irfan Jaya melepas crossing terukur ke depan gawang. Akan tetapi penyelesaian akhir Ilija Spasojevic masih melambung.

Akhirnya di menit 31, Bali United menyamakan kedudukan, juga melalui tendangan bebas langsung yang diambil Fadil Sausu.

Sebelumnya terjadi pelanggaran yang dilakukan Nazar Nurzaidin kepada Eber Bessa di depan kotak 16. Akibat pelanggaran ini, Nazar juga menerima kartu kuning.

Menjelang turun minum, Barito merancang serangan balik membahayakan melalui Ferdiansyah di sayap kanan. Lantas bola diumpan kepada Gustavo Tocantins di depan gawang.

Namun demikian, kesempatan tersebut tidak menghasilkan apapun, karena sepakan Gustavo berhasil diblok Wellington.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tak banyak berubah. Bali United sendiri berusaha memperkuat lini tengah dengan memasukkan Brwa Nouri.

Peluang bagus diperoleh Bali United di menit 53, setelah Irfan Jaya menyundul umpan tendangan bebas Eber Bessa. Untungnya bola dengan cepat disambar kiper Joko Ribowo.

Tak lama berselang, Barito kembali mendapatkan tendangan bebas yang cukup dekat dengan kotak 16. Akan tetapi sepakan Aditya Putra Dewa masih dapat diblok.

Selanjutnya kedua klub silih berganti menyerang dan melakukan beberapa subtitusi pemain, tetapi tidak diperoleh peluang yang benar-benar matang.

Meski lebih banyak tertekan, Barito Putera yang kemudian mencetak gol kedua di menit 77 melalui pemain pengganti Ryota Noma.

Gol berawal dari kesalahan umpan Muhammad Rahmat. Bola jatuh di kaki Nazar Nurzaidin dan langsung diolah menjadi umpan terobosan.

Selanjutnya tanpa melihat gawang, gelandang berpaspor Jepang itu memperdaya Nadeo Argawinata dengan sepakan ke arah tiang dekat.

Hebatnya gol tersebut merupakan sentuhan kedua Ryota Noma di kotak penalti Bali United, setelah menggantikan Mike Ott di menit 61.

Barito Putera nyaris kebobolan dalam sebuah kemelut di kotak penalti. Umpan Muhammad Rahmat gagal diantisipasi Renan Alves dan menuju gawang.

Untungnya Ilija Spasojevic tak dalam posisi sempurna untuk menyambut bola, selain akibat gangguan yang dilakukan Yuswanto Aditya.

Kemudian di menit 90+1, sundulan Ilija Spasojevic yang menerima umpan silang Yabes Roni dari sayap kanan, kembali mampu ditepis Joko Ribowo.

Hingga pertandingan berakhir, Barito Putera berhasil mempertahankan keunggulan. Laskar Antasari pun naik ke peringkat 16 klasemen sementara dengan 19 poin.

Editor


Komentar
Banner
Banner