Sport

Hasil Liga 1: Dibantu Gol Bunuh Diri, Persebaya Tekuk Barito Putera

Diwarnai gol bunuh diri, Persebaya Surabaya memberi Barito Putera kekalahan dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12)

Featured-Image
Barito Putera menelan kekalahan dari Persebaya Surabaya dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Selasa (6/12). Foto: Barito Putera Official

bakabar.com, SLEMAN - Diwarnai gol bunuh diri, Persebaya Surabaya memberi Barito Putera kekalahan dalam pertandingan lanjutan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12) sore.

Bermain lagi setelah nyaris 2 bulan libur, Barito Putera memperoleh lebih dulu peluang di menit 2 melalui sepakan Raffi Syaharil. Namun sepakan gelandang muda ini masih lemah dan mudah diamankan kiper.

Kemudian di menit 7, giliran Rafinha yang mengancam gawang Persebaya lewat sepakan dari luar kotak penalti. Hanya arah bola kurang mengarah ke sasaran.

Akhirnya di menit 13, Barito Putera berhasil mencetak gol. Diawali umpan lambung ke tiang jauh Rizky Rizaldi Pora, bola berhasil dibelokkan Rafael Silva menggunakan kepala.

Persebaya sempat nyaris menyamakan kedudukan di menit 17, seandainya Renan Alves tak melakukan tekel krusial untuk menahan sepakan Sho Yamamoto di dalam kotak penalti.

Selanjutnya Persebaya mengurung Barito melalui berbagai sisi. Namun kondisi lapangan yang becek akibat gerimis, ditambah ketenangan barisan pertahanan Barito, membuat usaha Bajul Ijo tak membuahkan hasil.

Memasuki menit 41, Raffi Syaharil kembali lolos ke kotak 16 untuk menyelesaikan umpan satu dua antara Rafinha dan Rafael Silva. Akan tetapi penyelesaian akhir Raffi mentah di tangan kiper Ernando Ari.

Kemudian menjelang turun minum, Juninho melewatkan sepasang kesempatan emas untuk membawa Persebaya menyamakan skor.

Peluang pertama Juninho melalui sepakan, masih dapat diblok Donny Monim. Adapun peluang kedua melalui sundulan yang memanfaatkan sepak pojok, masih melenceng di kiri gawang.

2 menit selepas turun minum, Persebaya langsung mencetak gol. Leo Lelis dengan akurat menyundul umpan tendangan sudut yang dilepaskan Higor Vidal.

Tak lama berselang, tepatnya di menit 51, Persebaya justru berbalik memimpin. Gol diawali lemparan ke dalam di sebelah kanan sepertiga akhir lapangan Barito.

Bola dijemput Vidal dan dioper ke depan gawang. Frank Sokoy yang berusaha melakukan sapuan, justru memasukkan bola ke gawang sendiri.

Melalui sepak pojok di menit 53, Renan Alves memenangi duel untuk menyundul bola dan berpeluang membawa Barito menyamakan skor. Namun si kulit bundar jauh melambung.

Rizky Pora membuang peluang emas lain di menit 62. Tak terkawal di depan gawang untuk menerima umpan Bagas Kaffa, sepakan kapten Barito Putera ini malah melambung.

Memasuki menit 74, Barito dibikin ketar-ketir akibat sepakan Juninho yang membentur mistar. Kemudian bola rebound yang disambar Brilian Aldama, jauh melambung dari sasaran.

Namun 3 menit berselang, Persebaya benar-benar mencetak gol. Leo Lelis membukukan brace melalui tendangan bebas yang berjarak sekitar 25 meter dari gawang.

Awalnya tendangan Lelis membentur pagar betis. Lantas bola pantulan disepak kembali oleh Lelis dan meluncur menuju gawang. Gol masih mungkin digagalkan, seandainya tangkapan kiper Nur Halid lengket.

Barito belum menyerah dan mampu memperkecil ketertinggalan di menit 82. Pemain pengganti Buyung Ismu Lessy melepas sepakan placing akurat, seusai menerima umpan Bagas Kaffa.

Nyaris saja Barito menyamakan kedudukan di menit 88. Buyung Ismu berdiri bebas di kanan gawang, ketika bola umpan Bagas Kaffa gagal disapu bek Persebaya.

Akan tetapi peluang itu terbuang begitu saja, lantaran Buyung Ismu gagal menjaga akurasi tembakan. Berdiri cukup bebas, bola yang disepak malah jauh melambung.

Editor


Komentar
Banner
Banner