Nasional

Hari Raya Kedua, Gunung Merapi Muntahkan Lava Pijar Lagi

Yogyakarta, 14/5 (ANTARA) – Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, tiga kali mengeluarkan guguran…

Featured-Image
Aktivitas Gunung Merapi masih cukup tinggi, karena ditandai guguran lava pijar, Jumat (14/5). Foto: Antara

Yogyakarta, 14/5 (ANTARA) – Gunung Merapi di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah, tiga kali mengeluarkan guguran lava pijar, Jumat (14/5).

Menandai hari kedua Idulfitri 1442 Hijriah, guguran lava pijar itu meluncur dengan jarak maksimum sejauh 1.400 meter ke arah barat daya.

“Selama periode pemantauan mulai pukul 00.00 sampai 06.00, Merapi juga mengalami 42 kali gempa guguran dengan amplitudo 3 sampai 11 milimeter selama 11 hingga 112 detik,” papar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, seperti dilansir Antara.

“Kemudian disertai 7 kali gempa fase banyak dengan amplitudo 4 hingga 6 milimer selama 8 sampai 12 detik,” imbuhnya.

Sementara asap berwarna putih juga terpantau keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas ketebalan mencapai 50 meter di atas puncak.

Sedangkan sehari sebelumnya, Gunung Merapi tercatat 8 kali meluncurkan guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimum 1.800 meter ke arah barat daya ke hulu Kali Krasak dan Kali Boyong.

Situasi itu membuat BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi di Level III atau siaga.

Guguran lava dan awan panas Merapi diperkirakan berdampak ke sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih.

Apabila terjadi letusan, lontaran material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak gunung.



Komentar
Banner
Banner