Kalsel

Hari Paskah, 3 Gereja di HST Dijaga Ketat

apahabar.com, BARABAI – Umat Nasrani di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) merayakan Hari Paskah atau Hari…

Featured-Image
Ibadah Misa di Labuhan Kecamatan BAS dijaga ketat personel TNI-Polri, Minggu (4/4). Foto-Maskuri for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Umat Nasrani di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) merayakan Hari Paskah atau Hari Kebangkitan Yesus Kristus, Minggu (4/4).

Pada hari ketiga kebangkitan Yesus setelah Penyaliban-Nya ini, ada beberapa gereja yang mengadakan ibadah Misa di HST.

Rangkaian ibadah pada Tri Hari Suci Paskah 2021 ini juga mendapat pengamanan ketat dari TNI-Polri di HST. Puluhan TNI-Polri pun disiagakan pada 3 gereja di HST.

Di antaranya, GKE Efhata dan GPDI El Shaddai di Desa Labuhan Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) serta GBI di Desa Datar Laga Kecamatan Hantakan. Total ada 80 personil lebih yang diturunkan guna mengamankan ibadah umat nasrani ini.

Di GPDI El Shaddai di Labuhan Seberang RT 3, dua unsur pimpinan, Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin dan Kapolres HST, AKBP Danang Widaryanto turun langsung memantau pengamanan di sana.

Keduanya memastikan kesiapan anggota TNI-Polri di lapangan dalam mengamankan Ibadah Misa.

“Dalam pengamanan ini, kita juga melibatkan pemuda gereja setempat,” kata Kapolres.

Keterlibatan TNI-Polri dalam hal ini, dijelaskan Kapolres untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat dalam melaksanakan ibadahnya dengan aman dan kondusif.

“Kami serta TNI berharap pelaksanaan Hari Paskah ini aman dan tertib dan memperhatikan protokol kesehatan,” tutup Kapolres.

Dandim 1002/Barabai menambahkan, peninjauan secara langsung ini dilakukan untuk melihat secara nyata pengamanan di lapangan.

"Pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Nasrani yang sedang melakukan ibadah, sehingga ibadah umat nasrani lancar dan aman tanpa adanya gangguan dari pihak manapun," tutup Dandim.

Sementara itu, Pendeta Octavianus Anton Noellik yang memimpin ibadah di GPI El-Shaddai berharap TNI-Polri bisa mengucapkan terima kasih kepada aparat keamanan gabungan.

“TNI-Polri telah memberikan rasa aman kepada kami seluruh jemaat dalam melaksanakan ibadah ini,” tutup pendeta usai memimpin ibadah.



Komentar
Banner
Banner