Tak Berkategori

Hari Kesaktian Pancasila, Bupati HSS Minta ‘Jasmerah’ Persatuan Bangsa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meminta jangan sekali-kali melupakan sejarah ‘Jasmerah’…

Featured-Image
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS. Foto-Istimewa

bakabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry meminta jangan sekali-kali melupakan sejarah ‘Jasmerah’ kepada semua orang agar persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat dalam peringatan 1 Oktober Hari Kesaktian Pancasila, Jumat (1/10).

Mengingat dan mengenang upaya pemberontakan, penggantian ideologi negara namun Indonesia masih tetap kukuh sebagai bangsa yang berdaulat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021.

Bupati HSS Achmad Fikry menjelaskan bahwa peringatan ini untuk mengenang sejarah kelam 56 tahun lalu yakni terjadi pemberontakan G30S/PKI.

“Hari ini kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila karena G30S/PKI bisa diatasi pemerintah, sehingga banyak nilai yang bisa kita ambil dari kejadian itu,” ucapnya.

Bupati Fikry meminta supaya jangan pernah melupakan sejarah karena kalau tidak waspada, peristiwa kelam itu bisa terulang kembali.

Sebab, kata Bupati Fikry menjelaskan bahwa kadang-kadang ketika posisi ekonomi sedang tidak bagus akan muncul dari sana.

“NKRI harga mati, Pancasila sebagai perekat menjadi bagian kita semua,” tegas Bupati HSS selaku Inspektur Upacara.

Oleh karenanya, perlu terus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan generasi muda terkait sejarah maupun Pancasila yang sudah disepakati sebagai falsapah negara.

Sehingga sebagai anak bangsa, semua harus menjunjung tinggi Pancasila dan menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan keseharian.

“Mudah-mudahan ini menjadi penyemangat bagi kita, dan tahun depan kita harapkan sekolah juga bisa memperingati sehingga anak-anak tahu sejarah tentang Hari Kesaktian Pancasila,” pungkasnya.

Turut hadir dalam upacara Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi, Kapolres HSS Sugeng Priyanto, Dandim 1003 Kandangan Letnan Kolonel Inf Nurliwedie Nurdin Kanan, Kepala Kejari Kandangan Agus Rujito serta seluruh tamu undangan.

Komentar
Banner
Banner