World Coconut Day

Hari Kelapa Sedunia, Ini Dia Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Kelapa memiliki banyak manfaat, mulai akar, batang, daun, buah hingga airnya berguna bagi kehidupan. Tanggal 2 September ditetapkan sebagai World Coconut Day.

Featured-Image
World Coconut Day atau Hari Kelapa Sedunia diperingati tiap 2 September. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Kelapa memiliki banyak manfaat, mulai akar, batang, daun, buah hingga airnya berguna bagi kehidupan. Diketahui 2 September ditetapkan sebagai World Coconut Day.

Hari Kelapa Sedunia, memiliki tujuan untuk menyoroti dan menyadari pentingnya manfaat kelapa, yang tak hanya bagi kesehatan namun juga ekonomi. World Coconut Day juga dirayakan di kawasan Asia dan Pasific oleh Komunitas Kelapa Asia dan Pasific (APPCC), yang memfasiliasi sebagian besar sentra produk kelapa.

Dibalik manfaatnya yang segudang, air kelapa sendiri juga diketahui memiliki kegunaan bagi kesehatan, tidak hanya sebagai penyegar dahaga namun dapat menyehatkan tubuh.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Air kelapa mengandung beberapa nutrisi seperti potasium (kalium), kalsium dan magnesium.

Kalium membantu menjaga keseimbangan kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh, membantu menyeimbangkan natrium dan menurunkan tekanan darah, serta menjauhi risiko batu ginjal pada seseorang.

"Jika pola makan kurang nutrisi tersebut, air kelapa dapat memenuhi kebutuhan harian," ujar Joanna Gregg, seorang akhli diet di MyFitnessPal.

Sumber Elektrolit Alami

Manfaat air kelapa bagi kesehatan. Foto: Freepik
Manfaat air kelapa bagi kesehatan. Foto: Freepik

Menurut National Library of Medicine, elektrolit merupakan mineral yang tidak ditemukan dalam air, membantu menjaga fungsi penting tubuh seperti hidrasi, otot tubuh hingga keseimbangan pH darah.

Tubuh kehilangan elektrolit saat berkeringat, meminum air kelapa seusai melakukan olahraga sangat disarankan karena dapat mengisi kembali elektrolit dalam tubuh. Sebaiknya meminum air kelapa murni yang tidak mengandung tambahan apapun seperti perasa gula.

Menyehatkan Jantung

Dilansir Asosiasi Jantu Amerika (AHA), mengonsumsi natrium berlebihan akan meningkatkan tekanan darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung, karena kalium dalam air kelapa dapat melawan risiko tersebut.

"Potasium membantu meningkatkan aliran darah dan mengatur tekanan darah," kata Sarah Olszewski, seorang ahli diet dan nutrisi, dilansir Prevention.

Rendah Kalori

Dalam satu cangkir air kelapa mengandung 45 kalori, Academy of Nutrition and Dietetics menekankan bahwa air kelapa dapat menjadi pengganti minuman seperti soda dan jus, yang mengandung tinggi kalori, gula dan karbohidrat.

"Air kelapa bisa menjadi pilihan yang sehat untuk seseorang yang ingin mengatur berat badan," kata Olszewski.

Ia juga menambahkan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal pilihlah air kelapa murni yang tidak mengandung bahan tambahan lain seperti gula atau pemanis lainnya.

Antioksidan yang Tinggi

Seperti yang diketahui antioksidan dapat mencegah dan memperbaiki sel dalam tubuh, khususnya yang disebabkan paparan radikal bebas.

"Air kelapa mengandung banyak antioksidan yang membantu menetralkan radikal dalam tubuh dan melindungi sel dari oksidatif," ucap Olszewski.

Kaya akan Hidrasi

Academy og Nutrition and Dietetics merekomendasikan perempuan dan laki-laki meminum sekitar 9 - 13 cangkir air kelapa perhari. Karena dalam air kelapa dapat memenuhi hidrasi seseorang karena mengandung 95% air di dalamnya.

Minum air kelapa dapat dijadikan sebagai pola makan sehat, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah beriklim panas.

"Karena memiliki manfaat yang baik, namun mengonsumsinya tidak boleh secara berlebihan," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner