Peristiwa & Hukum

Hari Ini, Muncul Tiga Titik Karhutla di Kabupaten Banjar

Musim kemarau disertai cuaca panas, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus terjadi di Kabupaten Banjar, Kalsel.

Featured-Image
Karhutla di Desa Guntung Ujung, Gambut, Banjar, Jumat (1/9). Foto-DPKP Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Musim kemarau disertai cuaca panas, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus terjadi di Kabupaten Banjar, Kalsel. Per hari ini saja, Jumat (1/9/2023), setidaknya ada tiga titik Karhutla.

Mengutip data BPBD Banjar, titik pertama Karhutla terjadi di Desa Pesiraman Kecamatan Mataraman. Pemadaman oleh tim gabungan petugas dan relawan dari pukul 15.40 hingga 18.00 Wita.

"Total sekitar 4 hektare lahan terbakar mulai dari kebun karet, sawit, semak belukar, dan pepohonan," ujar Kalak BPBD Banjar, Warsita.

Karhutla kedua, di Desa Gutung Ujung, Kecamatan Gambut. Pemadaman oleh tim gabungan petugas dan relawan mulai pukul 16.30 hingga 21.35 Wita.

"Kebakaran mendekati permukiman warga berhasil dipadamkan. Total lahan hutan yang terbakar sekitar 2 hektare," ujar Gusti Yudhi, Kasi Damkar Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Banjar.

Pemadaman karhutla di Cindai Alus, Martapura, Jumat (1/9) malam. Foto-DPKP Banjar.
Pemadaman karhutla di Cindai Alus, Martapura, Jumat (1/9) malam. Foto-DPKP Banjar.

Karhutla ketiga, di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura. Kali ini lahan yang terbakar mendekati Ponpes Darul Hijrah Putra.

Kebakaran terjadi sekitar pukul 19.20 Wita. Petugas dan relawan gabungan bahu membahu memadamkan api hingga selesai pukul 21.10 Wita.

"Lahan yang terbakar di Cindai Alus sekitar 1.5 hektare," tandas Yudhi.

Editor


Komentar
Banner
Banner