Sport

Hanya Dalam Sepekan, Striker Barito Putera Ini Raih Kebahagiaan Ganda

apahabar.com, BANJARMASIN – Perasaan striker muda Barito Putera, Kahar Kalu Muzakkar, sedang berbunga-bunga berkat hadiah tak…

Featured-Image
Striker muda Barito Putera, Kahar Kalu Muzakkar, ketika menerima trofi top skor Elite Pro Academy (EPA). Foto: Bolaskor

bakabar.com, BANJARMASIN – Perasaan striker muda Barito Putera, Kahar Kalu Muzakkar, sedang berbunga-bunga berkat hadiah tak terduga dalam sepekan terakhir.

Hadiah pertama adalah panggilan memperkuat Timnas Indonesia U-23 yang dilatih Shin Tae-yon, Selasa (9/2).

Dalam pemanggilan pertama, nama Kahar Kalu Muzakkar belum dimasukkan. Hanya dua nama pemain Barito Putera yang diminta datang, yakni Muhamad Riyandi dan Bagas Kaffa.

Seiring pemanggilan itu, Kahar pun berpeluang membela Merah Putih untuk SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Tak lama berselang, penyerang 21 tahun itu mendapatkan kejutan lain dari manajemen Barito Putera.

Pemain yang sempat menjadi top skor Elite Pro Academy (EPA) U-20 2019 dengan 15 gol ini, disodori kontrak anyar berdurasi dua tahun.

“Kahar adalah pemain binaan kami mulai dari Elite Pro Academy (EPA) yang sudah menunjukkan kemampuan,” bangga CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, dikutip dari laman resmi klub.

“Kami punya harapan yang besar kepada Kahar untuk membawa Barito Putera mencapai prestasi tertinggi,” lanjutnya.

Menukil data Bolaskor, pemain kelahiran Mei 1999 itu sebelumnya berbaju PSM Makassar U-21 di ISC U-21 2016. Kahar kerap diduetkan dengan Irfan Jaya.

Sempat membela Persbul Buol di Liga 2 2017, Kahar Muzakkar kemudian memperkuat Persikota di Liga 3 2018.

Semasa memperkuat Persikota, Kahar dipanggil ke Timnas Indonesia U-19 untuk mengikuti persiapan Piala Asia U-19 2018 yang dilatih Indra Sjafri.

Kahar kemudian menapaki karir bersama Barito Putera di Liga 1 U-19 2018. Laskar Muda menempati peringkat ketiga Elite Pro Academy (EPA) dan Kahar menjadi pencetak gol tersubur.

Berkat pencapaian tersebut, Kahar Muzakkar mulai dipromosikan ke skuat senior di akhir Desember 2019 oleh pelatih Djadjang Nurdjaman.

Tidak hanya Kahar, karena Djadjang Nurdjaman juga mempromosikan Yuswanto Aditya, serta Bagas Kaffa, Bagus Kahfi dan David Maulana dari Barito Putera U-18.

Kahar mulai berlatih bersama Rizky Rizaldi Pora cs sejak pertengahan Januari 2020. Debut di Liga 1 terjadi 6 Maret 2020, ketika Barito Putera menjamu Bali United.

Dalam partai debut, Kahar turut mencetak gol. Namun Laskar Antasari takluk 1-2 dari Serdadu Tridatu.

Selanjtunya Kahar juga diturunkan kontra PSM Makassar kembali sebagai pemain pengganti, sampai akhir Liga 1 direnggut pandemi Covid-19.

“Semoga saya bisa memberikan yang terbaik dan mendapat menit bermain lebih banyak. Saya sudah meminta izin kepada keluarga dan mereka mendukung perpanjangan kontrak di Barito Putera,” sahut Kahar.

"Target saya ingin menembus skuad inti, seandainya diberikan kesempatan. Saya juga memiliki target menjadi top skor,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner