Tak Berkategori

Hampir Setahun Tertunda, Pilkades Serentak Kabupaten Banjar Ditetapkan 24 Mei

apahabar.com, MARTAPURA – Setelah hampir setahun ketidakjelasan jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banjar,…

Featured-Image
Pemkab Banjar bersama Forkompimda menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak 2021, di Mahligai Sultan Adam, Pendopo Bupati Banjar, Senin (8/3). Foto-Istimewa

bakabar.com, MARTAPURA – Setelah hampir setahun ketidakjelasan jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banjar, kini pemerintah sudah menetapkan pada Senin 24 Mei 2021.

Hal ini disampaikan Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dalam rapat koordinasi persiapan Pilkases, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin (8/3).

Total 140 desa di 19 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades serentak, dari 277 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Pilkades serentak sejatinya dilaksanakan pada Rabu 22 April 2020, hingga akhirnya ditunda.

Penundaan Pilkades akibat dari pandemi Covid-19 di Kabupaten Banjar. Bupati kala itu H Khalilurrahman mengeluarkan surat edaran (SE) penundaan Pilkades bernomor 18.45/182/KUM/2020 tertanggal 23 Maret 2020, berdasarkan SE Mendagri RI nomor 141/2577/SJ.

Penundaan dalam SE Bupati Banjar tahun lalu, hanya menyebutkan sampai 2021, tidak menjelaskan lebih rinci kapan kembali dilaksanakan.

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dalam rakor tadi kembali menekankan pentingnya menjaga protokol kesehatan (prokes), dalam pelaksanaan Pilkades serentak nanti.

Apalagi saat ini masih ada 5 kecamatan yang berstatus zona merah, yakni di Martapura, Simpang Empat, Kertak Hanyar, Gambut, dan Sungai Tabuk.

“Jangan sampai terjadi kerumunan dan penularan Covid-19 pada pelaksanaan Pilkades serentak 2021 nanti,” imbau Bupati Saidi Mansyur.

Saidi juga mengimbau Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terlibat dalam pembentukan panitia Pilkades, agar melibatkan aparat keamanan TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

“Melalui rapat koordinasi ini, saya harap dapat memberikan masukan guna terlaksananya Pilkades yang aman, tertib, jujur, dan adil sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin desa yang mampu mengemban amanah rakyatnya,” harap Saidi.

Adapun pihak keamanan, baik dari Kodim 1006/Martapura, Polres Banjar dan Polres Banjarbaru siap memberikan dukungan untuk mensukseskan Pilkades Serentak Kabupaten Banjar 2021.

Rakor tadi juga dihadiri Wakil Bupati Banjar, H Said Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar, H Mokhamad Hilman, Dandim 1006/Martapura, Letkol Imam Muctharom, perwakilan Polres Banjar dan Banjarbaru, DPRD Banjar, Asisten I Pemerintahan dan Kesra H Masruri, beberapa Kepala SKPD terkait dan camat se-Kabupaten Banjar.



Komentar
Banner
Banner