Kalsel

Hadapi Pilkada Serentak, Polresta Banjarmasin Siagakan 500 Personel

apahabar.com, BANJARMASIN – Polresta Banjarmasin siap mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2020. Kapolresta Banjarmasin,…

Featured-Image
Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rahmat Hendrawan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Polresta Banjarmasin siap mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember 2020.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rahmat Hendrawan mengaku telah menyiapkan 500 personel untuk diturunkan mengamankan pesta demokrasi lima tahunan nanti.

Pengamanan Pilkada tahun ini terbilang berbeda dengan gelaran sebelumnya, sebab masih dalam suasan Covid-19. Tentu selain mengamankan jalannya Pilkada, personel juga harus mengamankan diri agar tak tertular virus corona. Karena itu, para personel yang bertugas akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD).

“Personel yang bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan kita lengkapi dengan APD sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” kata Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rahmat Hendrawan.

APD yang disiapkan sebut putra banua ini, masker, kaca pelindung wajah (face shield) serta cairan antiseptik. Sebelum bertugas mereka juga akan dicek suhu tubuh menggunakan thermogun. Jangan sampai nantinya malah personel yang terjangkit.

Berapa besaran anggaran yang disiapkan? Rahmat menjelaskan nilainya tidak terlalu besar. Yang jelas dana tersebut dapat mengakomodir kebutuhan APD para personel yang akan ditugaskan baik pengamanan kampanye, TPS hingga pendistribusian surat suara.

“Dana Kita siapkan, anggaran Sispamkota bisa digunakan untuk dana kontijensi salah satunya adalah untuk APD, tidak terlalu besar, sekitar 100-200 juta,” katanya.

Dalam pengamanan Pilkada, urai Rahmat, pihaknya akan fokus terhadap penerapan protokol kesehatan, terutama physical distancing (menjaga jarak). Sebab saat pelaksanaan nanti pasti akan melibatkan banyak massa. Situasi ini tentu rawan penularan. Makanya perlu pengamanan ekstra.

“Kita akan fokus pengamanan jarak saat berjalannya Pilkada ,” sambungnya.

Perwira tiga melati di pundak ini menambahkan, pihaknya juga mendapatkan bantuan APD kaca pelindung dari Pemerintah Kota Banjarmasin. Itu dapat sedikit membantu.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner