Kalsel

H-22 PSU Pilgub Kalsel, Bawaslu Banjar Mantapkan Persiapan Panwascam

apahabar.com, MARTAPURA – H-22 pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel, Bawaslu Banjar menggelar bimbingan teknis (Bimtek)…

Featured-Image
Bawaslu Banjar menggelar Bimtek kepada anggota pengawas 5 kecamatan, di Wisma Sultan Sulaiman, Martapura, Selasa (18/5). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA – H-22 pemungutan suara ulang (PSU) Pilgub Kalsel, Bawaslu Banjar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada anggota Panwaslu 5 kecamatan, Selasa (18/5).

Masing-masing adalah Panwascam Martapura, Aluh Aluh, Mataraman, Astambul dan Sambung Makmur. Bimtek digelar di Aula Wisma Sultan Sulaiman, Martapura.

Ketua Bawaslu Banjar, Fajeri Tamzidillah, mengatakan Bimtek ini untuk memantapkan persiapan Panwascam menjelang PSU yang digelar 9 Juni nanti.

“Nanti mereka juga akan melanjutkan Bimtek kepada pengawas tingkat desa dan kelurahan,” terangnya.

Ia menjelaskan, anggota Panwascam sendiri sudah diaktifkan sejak akhir April lalu. Dan belum lama tadi, sebanyak 89 orang pengawas di 89 desa dan kelurahan juga sudah diaktifkan.

Selanjutnya pengawas TPS sebanyak 502 orang juga akan diaktifkan.

Dalam arahannya, Bawaslu meminta pengawas saat ini memfokuskan pengawasan pada pemutakhiran data dan daftar pemilih yang diverifikasi KPU.

“Yang dimutakhirkan adalah DPT (daftar pemilih tetap), termasuk DPPh, dan DPTb, mana saja yang meninggal dan berpindah tempat. Karena DPT yang dipakai adalah DPT Pilgub 2020 lalu,” terang Fajeri.

Selain itu, Bawaslu juga menekankan pengawas agar berkoordinasi di tingkat kecamatan hingga desa dengan pihak-pihak terkait, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam PSU.

“Agar bersama stakeholder tersebut supaya bisa mengarahkan kepada masyarakat agar dapat meningkatkan partisipasi pemilih,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner