Pemkab Balangan

Gubernur Sahbirin Noor dan Bupati Abdul Hadi Tandatangani Naskah Hibah

Gubernur H Sahbirin Noor dan Bupati H Abdul Hadi tandatangani Naskah Hibah dan serah terima barang milik daerah antar Pemkab Balangan dengan Pemprov Kalsel

Featured-Image
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor dan Bupati Balangan H Abdul Hadi tandatangani naskah hibah. Foto: Pemkab Balangan

bakabar.com, PARINGIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor dan Bupati Balangan H Abdul Hadi mentandatangani naskah hibah sekaligus serah terima barang milik daerah antara Pemkab Balangan dengan Pemprov Kalsel, bertempat di salah satu hotel ternama di Kota Banjarmasin, Rabu (8/11/2023).

“Pemerintah Pusat, memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur, dan Bapak Gubernur cepat mengambil keputusan dan mengajak kita semua untuk bergerak menyiapkan Kalsel sebagai gerbang ibu kota. Ini membawa harapan besar untuk Kalsel ke depan, termasuk untuk Balangan,” kata Bupati Abdul Hadi.

Bupati Abdul Hadi melanjutkan, dengan lokasi Ibu Kota Negara di Kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara nanti, artinya Kalsel yang memposisikan diri sebagai gerbang ibu kota, dan beberapa daerah dalam radius relatif dekat, termasuk Balangan, harus bersiap untuk menjadi daerah penyangga yang kuat untuk ibu kota negara.

“Kuat di sini tentu mencakup berbagai aspek, dari infrastruktur, perekonomian, keamanan hingga kualitas SDM-nya. Alhamdulillah, kita, antara provinsi dan Kabupaten Balangan sudah satu persepsi akan beberapa hal, di antaranya beberapa ruas jalan harus ditingkatkan fungsionalitas,
kualitas dan statusnya, agar lebih mumpuni untuk mendukung niat kita sebagai gerbang sekaligus penyangga ibukota negara.
Dengan kata lain, hibah aset daerah dari Pemkab Balangan kepada Pemprov Kalsel ini sudah sesuai proporsinya,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Abdul Hadi menambahkan, hibah ini tentu juga dalam rangka menyesuaikan dengan aturan dari Pemerintah Pusat dan yang tidak dapat disembunyikan, bahwa dengan hibah pula Pemkab Balangan meminta dukungan kepada Pemprov Kalsel, yaitu dukungan terhadap pengembangan daerah menuju penguatan Balangan sebagai daerah penyangga ibu kota negara, dengan jaringan transportasi yang memadai, potensi perekonomian yang bisa dikembangkan dan berkelanjutan, kondisi keamanan yang kondusif, serta kualitas SDM yang handal.

Editor
Komentar
Banner
Banner