Google Translete

Google Translate Suka 'Ngaco', 5 Aplikasi Penerjemah Ini Bisa Jadi Alternatif

Google Translate tidak bisa menerjemahkan teks atau ucapan secara akurat. Dengan kata lain, masih terdapat banyak kekeliruan dalam hasil terjemahannya

Featured-Image
Ilustrasi Google Translate (Foto: Search Engine Journal)

bakabar.com, JAKARTA - Tidak semua orang mampu memahami bahasa Inggris sepenuhnya, mengingat itu adalah bahasa asing. Terkadang, dibutuhkan bantuan aplikasi penerjemah untuk membantu menyelesaikan tugas atau pekerjaan berbahasa Inggris.

Berbicara tentang penerjemah, barangkali Anda akan langsung teringat dengan Google Translate. Penerjemah ini merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan lantaran memiliki banyak fitur.

Beberapa fitur unggulan aplikasi ini adalah mampu menerjemahkan teks secara langsung, mengunggah dokumen, serta menerjemahkan teks dari foto dan suara. Selain itu, Google Translate juga menyediakan lebih dari 100 bahasa di dunia.

Sayangnya, aplikasi milik Google ini tidak bisa menerjemahkan teks atau ucapan secara akurat. Dengan kata lain, masih terdapat banyak kekeliruan dalam hasil terjemahannya.

Untuk itu, tak ada salahnya mencoba aplikasi penerjemah lain supaya hasilnya lebih tepat. Merangkum berbagai sumber, berikut lima aplikasi penerjemah terbaik selain Google Translate:

1. iTranslate

Aplikasi yang satu ini terbilang cukup terkenal, bahkan popularitasnya mampu bersanding dengan Google Translate. Bukan tanpa sebab, iTranslate digemari berkat fitur menerjemahkan secara offline.

Dengan demikian, pengguna dapat mengalihbahasa meskipun tidak tersambung jaringan internet.

Dalam versi premium, aplikasi dapat dijadikan sebagai Andas dan Thesaurus. Pengguna juga bisa mendengar suara hasil terjemahan, baik yang dinarasikan laki-laki maupun perempuan.

2. Microsoft Translator

Aplikasi milik Microsoft ini dapat digunakan secara gratis, baik dalam keadaan tersambung internet maupun tidak.

Berbagai fitur yang ditawarkan juga cukup beragam, seperti menerjemahkan gambar, teks, atau suara untuk lebih dari 60 bahasa.

Microsoft Translator juga menawarkan fitur penerjemahan percakapan, di mana pengguna bisa menerjemahkan obrolan dengan banyak orang secara instan.

Menariknya lagi, hasil terjemahan itu dapat diunduh dalam bentuk dokumen.

3. Triplingo

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penerjemah ungkapan slang dan catatan suara untuk lebih dari 42 bahasa. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk pengguna yang sedang melakukan perjalanan bisnis maupun berlibur ke luar negeri.Tak cuma itu, Triplingo juga menyediakan fitur culture crash course. Fitur ini dapat membantu pengguna untuk beradaptasi secara langsung dengan kebiasaan dan adat istiadat penduduk lokal.

4. Naver Papago - AI Translator

Aplikasi milik Naver Corporation asal Korea Selatan ini dapat digunakan dalam keadaan offline. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur penerjemahan teks dan suara untuk 13 bahasa.

Bahasa yang tersedia antara lain Korea, Inggris, Jepang, Tiongkok, Spanyol, Prancis, Vietnam, Thailand, Indonesia, Rusia, Jerman, dan Italia.

Meski terbilang sedikit dibandingkan aplikasi penerjemah lain, Naver Papago mampu memberikan hasil terjemahan bahasa yang cukup akurat.

5. Yandex Translate

Yandex Translate dapat digunakan dalam keadaan offline alias tidak tersambung internet. Aplikasi asal Rusia ini mampu menerjemahkan teks untuk lebih 94 bahasa dengan batas maksimal 10.000 kata.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur penerjemahan dengan kamera, voice input, on screen keyboard dan auto spelling.

Menariknya lagi, Yandex Translate dapat langsung terhubung ke Android Watch atau Apple Watch.

Itulah sejumlah aplikasi penerjemah terbaik selain Google Translate. Setelah mengetahui fitur-fiturnya, apakah Anda jadi tertarik untuk mencoba salah satu aplikasi tersebut?

Editor


Komentar
Banner
Banner