Pemilu 2024

Golkar 'Dingin' Tanggapi Ridwan Kamil Digoda PDIP untuk Dampingi Ganjar

Golkar enggan berkomentar lebih jauh soal Ridwan Kamil yang mulai digoda oleh PDIP. Bagi mereka Ridwan Kamil punya prestasi sebagai pemimpin daerah.

Featured-Image
Ridwan Kamil dan Airlangga Hartarto. (Foto: dok. Antara)

bakabar.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil manjadi salah satu tokoh yang kerap sebagai salah satu calon wakil presiden (Cawapres) potensial yang masuk dalam radar partai-partai yang telah memiliki calon presiden (capres).

Hal ini tak bisa disangkal kareana Ridwan Kamil juga memiliki elektabilitas yang cukup tinggi, termasuk kaya pengalaman di lingkungan pemerintahan dengan sejumlah kebijakannya yang menjadi perhatian publik.

Berkaitan dengan itu, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus tak heran jika kader Golkar itu menjadi incaran banyak partai, termasuk PDI Perjuangan yang ingin menjadikannya pendamping Capres Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Sekjen PDIP Kirim Sinyal Ridwan Kamil jadi Cawapres Ganjar

Dia mengatakan dalam beberapa kesempatan, petinggi Golkar sudah pernah mendengar nama Ridwan Kamil masuk pantauan PDIP, selain nama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Kan memang sudah disampaikan oleh Mbak Puan bahwa cawapresnya ada tujuh ya kan. Kemarin waktu hari Bung Karno, haul Bung Karno, diundang semua (bakal cawapres-nya). Jadi bukan cuma Pak Ridwan," kata Lodewijk di Jakarta, Rabu (28/6).

Meski demikian, Golkar enggan menanggapi dengan serius tentang hal itu. Dia menyebut Partai Beringin baru akan memutuskan koalisi serta dukungan untuk capres-cawapres pada bulan Agustus.

Baca Juga: Elektabilitas Tinggi di Survei, Ridwan Kamil Taat Keputusan Golkar

Hingga saat ini, Golkar masih fokus menyosialisasikan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden. Lodewijk berkata belum ada pembicaraan tentang kader Golkar menjadi calon wakil presiden siapa pun.

"Saya katakan ulang tahun ini (ulang tahun ke-45 AMPI), kita masih fokus Airlangga sebagai presiden. Kita masih berbicara tentang koalisi KIB. Koalisi kita masih KIB, belum berubah," ujarnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menggoda Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo. Hasto menyampaikan hal itu melalui pantun. Ia memuji tinggi pencapaian Ridwan Kamil di Jawa Barat.

"Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh daya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini," ucap Hasto di Bandung, Rabu (28/6).

Editor


Komentar
Banner
Banner