Sport

Gol Rafael Balas Kekalahan Barito Dari Borneo

apahabar.com, MARTAPURA – Misi pembalasan yang diusung Barito Putera kontra Borneo FC di Stadion Demang Lehman…

Featured-Image
Pemain Barito Putera, Rafael Silva (kanan) mendapat kawalan ketat dari pemain Borneo FC. Foto-Instagram

bakabar.com, MARTAPURA – Misi pembalasan yang diusung Barito Putera kontra Borneo FC di Stadion Demang Lehman Martapura, Kamis (31/10) malam, tuntas dengan sukses.

Masih berusaha menjauhi zona degradasi, Barito juga memiliki misi dalam Kalimantan Derby ini. Misi tersebut berupa membalas kekalahan 3-4 di pertemuan pertama Liga 1 2019.

Lantas perubahan lini tengah dilakukan Barito. Posisi yang biasa ditempati Bayu Pradana, ditempati Sackie Teah Dou. Sementara Francesco Torres yang sudah menyelesaikan skorsing akibat akumulasi kartu, kembali menjadi starter.

Pertandingan berlangsung cukup ketat di menit-menit awal. Namun Barito lebih efektif yang ditunjukkan keberhasilan mencetak gol di menit 6.

Diawali umpan silang Rizky Rizaldi Pora dari kanan lapangan, bola sempat tiga kali memantul akibat tendangan salto Samsul Arif dan Kozuke Uchida, serta sundulan Francesco Torres.

Lantas bola liar yang bergerak menuju tiang jauh, berhasil dicocor Rafael Silva. Dengan demikian, sudah 10 gol yang dihasilkan kaki dan kepala pria kelahiran Brasil ini.

Gol tersebut meningkatkan tempo permainan Barito. Rafael nyaris membukukan brace di menit 15, ketika meneruskan umpan Rizky dengan sundulan. Hanya bola tidak sepenuhnya mengarah ke gawang.

Selepas menit 20, Borneo mulai berhasil menguasai permainan. Peluang bagus dibukukan Amrizal Umanailo di menit 37 yang menerima umpan tarik Sultan Samma.

Tetapi sepakan Amrizal jauh melambung. Padahal gelandang serang ini sudah berhasil lepas dari kawalan Cassio de Jesus dan Donni Monim.

Selepas turun minum, Barito langsung memperoleh peluang bagus. Samsul lolos ke depan kotak penalti dan melepas tembakan. Namun gol tidak terjadi, karena bola dapat ditepis Gianluca Pandenuwu.

Selanjutnya Borneo memperoleh peluang ganda. Diawali sepakan jarak dekat Lerby Eliandry di menit 53, seusai memanfaatkan bola liar sepakan Renan da Silva yang diblok Donni.

Bola kemudian dapat diblok Adhitya dan menghasilkan sepak pojok. Dari set piece tersebut, Adhitya kembali berhasil mentip sundulan Julian Alsina.

Barito sempat mencetak gol di menit 62 melalui Roni Beroperay yang meneruskan uman terobosan Rizky. Namun gol dianulir lantaran fullback kiri itu sudah offside.

Tak lama berselang, peluang tiang gawang kiri menyelamatkan Barito dari kebobolan, ketika Alsina melepas tembakan di kotak penalti.

Memasuki menit 82, Borneo belum dinaungi keberuntungan. Lerby yang sudah berdiri bebas di depan kotak 16, malah menyepak terlalu lemah ke gawang.

Hingga pertandingan berakhir, Barito berhasil mempertahankan keunggulan. Laskar Antasari masih bertahan di peringkat 12 klasemen sementara dengan 29 poin, unggul 9 poin atas Kalteng Putra di posisi teratas zona degradasi.

Sedangkan Borneo gagal menempel ketat Madura United. Kendati masih menghuni tiga besar teratas, Pesut Etam rentan digeser Persipura Jayapura yang cuma tertinggal 1 poin.

Susunan Pemain

Barito Putera (4-4-2)
Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Cassio de Jesus, Donni Monim, Roni Beroperay; Samsul Arif (Yakob Sayuri ’67), Sackie Teah Dou, Kozuki Uchida, Rizky Rizaldi Pora (Ferdiansyah ’88); Rafael Silva (Gavin Kwan Adsit ’90), Francesco Torres

Borneo FC (4-4-2)
Gianluca Pandenuwu; Javlon Guseynov, Julian Alsina, Nur Diansyah (Wahyudi Hamisi ’75), Wildansyah; Amrizal Umanailo (Muhammad Sihran ’46), Makarius Suruan, Terens Puhiri, Sultan Samma; Lerby Eliandry, Renan da Silva (Rifal Lastori ’80)

Baca Juga:Syarat Hamilton Rayakan Gelar Juara Dunia F1 2019 di GP AS

Baca Juga: SMA 2 Muhammadiyah Berambisi Juara dibakabar.comFutsal Tournament

Baca Juga: Ricuh Usai Ditekuk PSS, Pelatih dan Pemain Persebaya Terpaksa Absen Sesi Jumpa Pers

Baca Juga: 23 Pemain Diumumkan, Timnas U-19 Andalkan Si Kembar Barito

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqi



Komentar
Banner
Banner