Jelang Ramadan 2023

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Jember Adakan Pasar Murah Selama Ramadan

Pelaksana harian Bupati Jember, M. Balya Firjaun Barlaman mengadakan kegiatan pasar murah selama bulan Ramadan, tujuannya untuk meningkatkan ekonomi daerah.

Featured-Image
Plh Bupati Jember Gus Firjaun saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan setelah meninjau Pasar Ramadhan di alun-alun Jember. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Pelaksana harian Bupati Jember, M. Balya Firjaun Barlaman mengadakan kegiatan pasar murah selama bulan Ramadan, tujuannya untuk meningkatkan ekonomi daerah.

"Selain membangkitkan sektor perekonomian juga mengembangkan potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jember," ujarnya seperti yang dikutip Antara, Minggu (26/3).

Menurutnya hal tersebut menjadi entry point perkembangan ekonomi di tingkat bawah, sehingga dengan kegiatan pasar murah Ramadhan diharapkan bisa meningkatkan perekonomian seperti tahun lalu, bahkan bisa lebih.

Baca Juga: 9 Sektor Penopang Pertumbuhan Ekonomi di Tulungagung

"Langkah itu merupakan salah satu upaya pengendalian inflasi. Jika pendapatan masyarakat meningkat, kebutuhan tercukupi, maka insya Allah harga-harga juga bakal stabil," tuturnya.

Kegiatan pasar murah juga merupakan bentuk terwujudnya kerja sama dari seluruh pemangku kepentingan, mulai Bank Indonesia, Bulog, hingga organisasi perangkat lainnya.

"Tujuannya, agar pasar murah yang digelar selama Ramadhan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat, apalagi dengan berbagai produk yang harganya terjangkau," katanya.

Baca Juga: Dorong Pariwisata Tumbuh, Menparekraf Minta Tingkatkan Kualitas Jalan

Dalam kegiatan pasar murah tersebut tercatat sebanyak 240 pelaku UMKM yang berpartisipasi dan nantinya diharapkan pelaku usaha dari pondok pesantren juga ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

"Jember memiliki banyak pesantren, sehingga dapat dikolaborasikan dengan pasar murah karena terinspirasi adanya kesuksesan saat menggelar pasar santri tahun lalu," ujarnya.

Harapannya kegiatan itu membuat masyarakat lebih produktif yakni dengan mencari peluang berdagang untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Jember.

Baca Juga: Harga TBS Sawit di Kalbar, Tren Naik Tertinggi Capai Rp2.661,93/Kg

Pasar murah yang digelar selama Ramadhan tersebut menyediakan berbagai komoditas pangan seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telur, aneka kue kering dan berbagai kebutuhan Lebaran.

Sementara salah seorang pengunjung Pasar Murah Ramadhan, Putri Sari mengaku senang dengan kegiatan pasar murah yang digelar selama Ramadhan karena biasanya pasar murah hanya digelar satu hingga dua hari saja.

"Alhamdulillah tahun ini digelar selama hampir sebulan, sehingga masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok di pasar mirah dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan di pasaran," jelasnya

Editor


Komentar
Banner
Banner