Hot Borneo

Gempa Bumi di Laut Jawa Terasa di Aluh-Aluh, Rumah Sempat Bergetar

Getaran Gempa Bumi di Laut Jawa Terasa di Aluh - Aluh, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalsel, Kasmayuda: Rumah Bergoyang Sebentar

Featured-Image
BMKG melaporkan terjadi gempa bumi di Laut Jawa, Jumat (14/4) sore.

bakabar.com, MARTAPURA - Gempa bumi di Laut Jawa getarannya sampai terasa ke Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (14/4) sore.

"Betul ada dampak getaran gempa sampai wilayah Aluh- Aluh, tapi masih aman," papar Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita, kepada bakabar.com.

Sementara Kepala Desa Bakambat, Kasmayuda, mengatakan turut merasakan getaran, meski hanya sebentar.

"Sebentar saja, tidak sampai 1 menit. Dampaknya hanya rumah bergoyang, tidak menyebabkan kerusakan," jelas Kasmayuda.

Ketua Apdesi Banjar ini melanjutkan, saat terjadi getaran ia sempat bingung  mencari sumber getaran.

"Dikira karena air pasang. Biasanya kalau laut sedang pasang disertai angin kencang, muncul getaran seperti itu," tuturnya.

Ia bersyukur, tidak terjadi apa-apa dan berharap tidak ada lagi gempa susulan.

Dikutip dari Kumparan, Laut Jawa diguncang gempa tektonik, Jumat (14/4) pukul 16.55.44. Dalam waktu bersamaan, warga di sekitar Jakarta terutama di gedung-gedung tinggi merasakan guncangan cukup lama.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,9. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,31° LS ; 111,96° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 Km arah Barat Laut Kota Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 643 KM.

Editor


Komentar
Banner
Banner