Kalsel

Gelar Seminar Nasional, BEM ULM Gandeng BEM Seluruh Indonesia

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (BEM ULM) bekerja sama dengan Badan Eksekutif…

Featured-Image
Seminar Nasional yang digelar BEM ULM dan BEM SI dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Fathurrahman, Rabu (2/10). Foto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (BEM ULM) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar Seminar Nasional di General Lecture Building Center ULM, Rabu (2/10). Kegiatan ini merupakan satu dari rangkaian pelaksanaan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) BEM SI ke-XII tahun 2019.

Mengambil tema melahirkan perempuan sebagai komponen pendukung eskalasi gerakan menjadi Indonesia hebat. Seminar dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Fathurrahman.

“Tema ini sangat relevan di mana perempuan pada masa sekarang ini diberikan kesempatan yang sama untuk menunjukan kiprahnya dalam segala aspek kehidupan, sehingga mereka dapat memberikan andil dalam memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara serta kondisi kedaerahan yang lebih maju,” ucap Fathurrahman dalam sambutannya

Pemerintah ujarnya terus mendukung agar perempuan memiliki hak asasi yang sama. Diantaranya untuk hidup layak, mendapat pelayanan pendidikan dan kesehatan, berpartisipasi pada hal yang menyangkut nasibnya sebagai perempuan.

“Dibutuhkan percepatan perubahan pola pikir, nilai budaya, norma dan perilaku, yang membutuhkan pencapaian perempuan Indonesia. Untuk itu sudah seharusnya kualitas perempuan harus terus ditingkatkan,” kata dia

Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Muhammad Fauzi dalam sambutannya mengatakan Seminar Nasional ini juga masuk dalam rangkaian Dies Natalis ULM ke-61. Kegiatan konsolidasi nasional menurutnya sangat strategis untuk dilaksanakan.

“Yang penting sekarang ini adalah bagaimana konsolidasi nasional ini melahirkan pemikiran-pemikiran. Karena kalian lah ke depan yang akan mengurus negara dan menentukan arah bangsa ini,” pesannya

Secara pribadi maupun selaku WR III, dia juga siap mendorong dan mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Baik sifatnya internal maupun eksternal di luar ULM untuk mengekspresikan diri.

Fauzi juga berharap akan lahir aktivis-aktivis baru di ULM seperti halnya para perwakilan BEM SI yang datang pada kegiatan itu.

“Saya termasuk yang mengidolakan Fathur (Ketua BEM UGM). Semoga ada aktivis baru dari kedokteran gigi juga seperti dia,” kata dia disambut tepuk riuh para peserta.

Dia berujar termasuk salah satu yang memberikan jalan untuk mendorong mahasiswa dalam mengekspresikan apa yang selama ini menjadi kegelisahan bersama.

Seminar kali ini menghadirkan tiga narasumber utama yaitu Wakil Ketua DPRD Banjarmasin,Hj Ananda, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Provinsi Kalsel, Husnul Hatimah serta Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia, M. Nurdiansyah.

Baca Juga: BEM ULM Gelar LKTI Tingkat Nasional, Mahasiswa Malang Tampilkan Aplikasi Deteksi Makanan Palsu

Baca Juga: Ketua BEM ULM Bakal Dipecat, Andai Terbukti Tilap Duit PKKMB

Reporter : Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner