Pemprov Kalsel

Gelar Rakor Pengamanan PSU Pilgub Kalsel, Safrizal: Jaga Kondusifitas Daerah

apahabar.com, BANJARBARU – Forkopimda Provinsi Kalsel, menggelar rapat koordinasi Penyelenggaraan dan Pengamanan PSU, di Gedung Idham…

Featured-Image
Pj Gubernur Kalsel, Safrizal dan Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto. Foto-Humas Pemprov Kalsel for apahabar.com.

bakabar.com, BANJARBARU – Forkopimda Provinsi Kalsel, menggelar rapat koordinasi Penyelenggaraan dan Pengamanan PSU, di Gedung Idham Chalid, Banjarbaru, Rabu (2/6/2021).

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal mengatakan, poin rakor tadi berkomitmen mendukung KPU dan Bawaslu dalam penyelenggaran Pemungutan Ulang Suara (PSU) Pilgub Kalsel secara damai, aman, lancar demokratis dan gembira.

"Kami memastikan penyelenggaran PSU berjalan menerapkan 12 hal terkait protokol kesehatan di TPS," bebernya.

"Kami meminta semua pihak tanpa kecuali menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah Kalsel, baik wilayah PSU atau bukan, baik di ranah dunia nyata maupun dunia maya," sambung dia.

Safrizal menekankan netralitas ASN dan TNI/Polri juga harga mati dan harus dijunjung setinggi-tingginya.

Ia mengajak semua pihak agar bersama sukseskan PSU dengan tetap merekatkan nilai nilai persaudaraan. "Laporkan bila ada kecenderungan pelanggaran," tegasnya.

Ia memastikan Forkopimda juga solid dan kompak serta tak mentolerir segala upaya yang mengancam stabilitas dan kondusifitas baik pra maupun pasca-PSU.

"Hasil PSU mari kita hormati bersama sebagai wujud pilihan masyarakat banua, mari kita jaga kesejukan Banua, karena pada hakekatnya kita bersaudara, badangsanak barataan," pesannya.

Sementara, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto menambahkan, pihaknya siap menjaga keamanan pada pelaksanan PSU agar aman, damai dan lancar.

"Kami akan jaga dengan sebaiknya, semua bahu membahu agar PSU berjalan kondusif,” timpalnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kalsel, Heriansyah mengatakan untuk pelaksanaan PSU ini melalui APBD Pemprov Kalsel telah dihibahkan dana penyelenggaran sebesar Rp5,4 miliar.

"Hibah tersebut sebagai dana tambahan dari sisa dana di KPU untuk penyelenggaraan Pilgub Kalsel 2020 yang lalu," kata Heri.

Pihaknya juga melakukan monitoring dan koordinasi dalam rangka mensukseskan penyelengaraan PSU yang aman damai lancar dan kondusif.

Sebagai informasi, untuk wilayah yang menyelenggarakan PSU akan diliburkan, namun penetapannya menunggu Kemendagri dalam waktu dekat.

Komentar
Banner
Banner