News

Fourtwnty dan Armada Meriahkan Peluncuran Pilgub Kalsel 2024

Peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024 diselenggarakan di Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru

Featured-Image
Kedua grup musik yang dimaksud adalah Armada dan Fourtwnty. Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Dua grup musik Indonesia, Armada dan Fourtwnty siap meriahkan peluncuran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2024, Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru, Senin malam (27/5/2024).

Peluncuran pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024 diselenggarakan di Lapangan Murjani, Kota Banjarbaru, Senin malam (27/5/2024).

“Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Selain hiburan musik, juga ada doorprize,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Andi Tenri Sompa.

Armada merupakan band yang terbentuk sejak 2007. Mayoritas fans grup musik bergenre pop melayu, rok alternatif, dan pop rock ini adalah kalangan milenial dan Gen Z.

Sama halnya dengan Armada, fans grup musik Fourtwnty juga banyak dihuni kalangan milenial dan Genz Z.

Lagu yang paling terkenal dari grup musik indie dengan vokalis Ari Lesmana ini berjudul Zona Nyaman.

Momentum tersebut yang ingin dimaksimalkan oleh KPU Kalsel untuk menarik perhatian kalangan muda terhadap gelaran Pilgub November mendatang.

“KPU mencoba untuk melakukan sosialisasi sesuai dengan segmen pemilih terbanyak. Pemilih pemula menempati posisi yang cukup signifikan dalam pemilihan kali ini,” Andi Tenri lagi.

Catatan KPU pada Pemilu 14 Februari lalu, jumlah pemilih kalangan milenial sekitar 57 persen dari total 3.025.220 daftar pemilih tetap (DPT) di Kalsel. Bahkan, 23 persen di antaranya pemilih pemula atau Gen Z.

Di sisi lain, KPU Kalsel juga ingin mempertahankan tren baik tingkat partisipasi Pemilu 14 Februari berlanjut ke Pilkada serentak 2024.

Pada Pilpres dan Pileg kemarin, angka partisipasi mencapai 83 persen atau 2.536.483 orang menggunakan hak pilih dengan jumlah suara sah 2.417.582 dan suara tidak sah 118.901.

Angka tersebut diharapkan tak menurun pada Pilkada 27 November nanti.

Berkaca gelaran Pilgub Kalsel 2020, angka partisipasi hanya 64 persen. Ini tidak lepas dari faktor Pandemi Covid-19.

Sedangkan Pilkada tahun 2015 sekitar 66 persen warga yang menggunakan hak pilihnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner