Kalsel

FKIP ULM Mantap Gelar PTM, Mahasiswa Semester Awal Jadi Prioritas

apahabar.com, BANJARMASIN – Turun ke PPKM level 3, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung…

Featured-Image
FKIP ULM bakal gelar PTM terbatas di minggu ketiga bulan Oktober 2021. Foto-apahabar.com/Riki

bakabar.com, BANJARMASIN – Turun ke PPKM level 3, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) semakin mantap menggelar perkuliahan tatap muka (PTM) terbatas.

Jika tak ada aral melintang, Dekan FKIP ULM Chairil Faif Pasani berkata fakultas ini mulai melaksanakan PTM terbatas mulai tanggal 21 Oktober 2021.

"FKIP ULM siap menggelar PTM terbatas, asal dengan syarat Banjarmasin PPKM level 1-3, kalau ke level 4 lagi maka akan dibatalkan," ucapnya, Selasa (12/10).

Dia menyatakan bahwa PTM ini hanya diprioritaskan untuk mata kuliah (matkul) praktikum dan urgen bagi mahasiswa angkatan 2020.

"Di laboratorium tujuannya kan memang untuk membina keterampilan mahasiswa, jadi mau tidak mau itu harus digelar secara tatap muka," kata Faif.

Sementara untuk perkuliahan yang bersifat teori, kata dia bisa digelar secara daring (dalam jaringan).

Kendati matkul praktikum digelar secara tatap muka, Faif menyatakan pelaksanaan tetap dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

"Untuk praktikum, semua mahasiswa dihadirkan. Tetapi dengan sistem shift, hanya maksimal 25 orang dalam setiap kelas," ujarnya.

Selain itu, durasi dalam PTM terbatas ini juga dipersingkat dibanding dari sebelumnya. Faif memastikan hanya maksimal 50 menit untum setiap pertemuan dengan catatan dosen sudah mengirimkan materi kuliah paling lambat H-1.

Fakultas, lanjut dia, memfasilitasi sistem kuliah hybrid. Yang mana nantinya sebagian mahasiswa dapat mengikuti secara tatap muka dan sebagian lagi ikut secara daring.

"Mahasiswa yang boleh mengikuti PTM terbatas ini hanya yang sudah bervaksin dan mengantongi izin orang tua," tuntasnya.



Komentar
Banner
Banner