Banjarmasin Hits

Enam Daerah di Kalsel Berpotensi Diguyur Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Featured-Image
Hujan turun di Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (8/10) siang. foto-apahabar.com/hendra lianor

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini terkait cuaca Kalimantan Selatan (Kalsel) hari ini.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Senin (9/10), enam daerah di Kalsel bakal diguyur hujan pada sore hari.

Antara lain turun hujan di Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala (Batola), Tapin, dan Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bahkan BMKG memprediksi hujan dapat disertai petir dan angin kencang, akan tetapi hanya berdurasi isngkat.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang/sore hari di wilayah Kota/Kabupaten Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan dan sekitarnya," tulis BMKG dikutip Senin.

Kendati enam daerah di Kalsel turun hujan, namun BMKG juga mengingatkan warga untuk waspada potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

BMKG memprakirakan potensi karhutla terjadi hampir di seluruh wilayah Kalsel, kecuali bagian utara, dan barat.

Karena itu, BMKG meminta warga Kalsel untuk waspada, khususnya mereka yang melakukan aktivitas di luar rumah.

"Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan kecuali bagian utara dan sebagian barat," terang BMKG mengenai peringatan dini cuaca Kalsel hari ini.

Terlepas dari itu untuk cuaca Kalsel pada pagi hari terpantau berawan. Sementara pada malam dan dini hari terpantau cerah berawan. Bahkan dini hari ada potensi kabut asap.

Kabut asap diprakirakan melanda Kota Banjarbaru dan Banjarmasin serta Martapura (Kab. Banjar) pada dini hari nanti.

Sementara itu secara umum suhu udara di Kalsel berada dikisaran 25-33 derajat celcius. Sedangkan tingkat kelembaban antara 50-90 persen.

Editor


Komentar
Banner
Banner