Kalsel

Empat Puskesmas di Tala Naik Kelas

apahabar.com, PELAIHARI – 4 Puskesmas di Kabupaten Tanahlaut (Tala) naik kelas jadi Badan Layanan Umum Daerah…

Featured-Image
Ilustrasi Puskesmas. Foto-Istimewa

bakabar.com, PELAIHARI – 4 Puskesmas di Kabupaten Tanahlaut (Tala) naik kelas jadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dengan sistem pengelolaan keuangan sendiri. Keempat puskesmas itu, Kurau, Bati- Bati, Angsau dan Tajau Pecah.

Tim Penilai Kelayakan Layanan Umum Daerah (BLUD) menyatakan kelayakan keempatnya usai sidang yang dipimpin Ketua Tim, Syahrian Nurdin, di Aula Barakat, Kantor Sekretariat Daerah Tala, Pelaihari, Sabtu (13/07). Penilaian yang dilakukan termasuk menyangkut keadministrasian.

"Sudah kami periksa dan nilai, Bahkan persyaratannya pun kami penuhi, sesuai dengan Permendagri No 61/2007," jelasnya.

Syahrian mengapresiasi kinerja dari Tim Penilai BLUD Puskesmas Tala. Karena dalam beberapa bulan terakhir sudah dapat mewujudkan pengelolaan BLUD untuk ke-4 puskesmas yang akan menjadi BLUD.

Sekda juga mengharapkan dalam beberapa bulan ke depan 15 puskesmas lain se-Tala, mampu mengikuti jejak empat puskesmas tadi.

"Saya harap, semua puskesmas nanti bisa memiliki pola pengelolaan keuangan BLUD. Karena memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah tanggung jawab kita semua,"ucap Syahrian.

Sementara Bupati Tala, H Sukamta, mengatakan, dengan pengelolaan keuangan BLUD diharapkan ke-4 puskesmas lebih leluasa dalam bergerak serta merespon persoalan di masyarakat dengan lebih mudah, karena sistem kelolanya lebih fleksibel dan mudah.

"Mungkin di awal berat. Itu hal biasa yang terjadi ketika kita memulai sebuah inovasi yang baru. Jika masyarakat banyak berkomentar negatif, mungkin mereka hanya belum tahu apa yang sebenarnya kita kerjakan," imbuhnya.

Baca Juga: FKTD 2019 Ajang Pelestarian Kebudayaan Daerah Kalsel

Baca Juga: PKB Buka Suara Soal Pendamping Ideal Paman Birin

Reporter: AHC14
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner