Pemkab Tabalong

Dukung Layanan Air Bersih, Dinas PUPR Tabalong Bangun Jaringan Pipa

apahabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tahun ini…

Featured-Image
Ilustrasi, jaringan pipa. Foto-Net.

bakabar.com, TANJUNG – Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tahun ini membangun jaringan pipa di sejumlah titik.

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Wibawa Agung Subrata, melalui Kabid Cipta Karya, H Nurfitrizal mengatakan, pembangunan jaringan pipa tersebut untuk mendukung pelayanan PT Air Minum Tabalong Bersinar (AMTB).

"Pembangunan dilaksanakan di delapan lokasi di sejumlah kecamatan di daerah ini, baik untuk pengembangan pipa induk dan distribusi,” ungkapnya, Jumat (8/7).

Rizal menjelaskan dari delapan lokasi tersebut tiga lokasi bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), lokasinya di perumahan Linda Regency 5, Desa Warukin, dan Desa Masingai.

“Untuk di Masingai masih lelang, sedangkan dua lainnya lelangnya telah selesai dan tinggal proses penandatanganan kontrak,” bebernya.

Sementara lima lokasi lagi berada di Hikun-Mahe, Warukin, Tanjung Selatan, Maburai-Warukin dan Banua Lawas.

“Untuk Warukin-Maburai nanti jaringan pipanya terkoneksi dengan IPAl di Tanta dan Belimbing. Sementara dananya bersumber dari APBD Tabalong tahun 2022,” ungkap Rizal.

Kata Rizal, pipa yang digunakan untuk diameternya bervariasi, namun untuk jenisnya pipa HDPE yang dari segi kualitas dan umur pemakaian biasa lebih lama.

“Setelah selesai jaringan perpipaan tersebut akan diserahkan ke PT AMTB. Namun setelah dilakukan running test untuk mengetahui keberfungsian jaringan yang telah dipasang,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner