Sport

Dua Kali Tertinggal, Barito Imbangi PSS

apahabar.com, SLEMAN – Dua kali dalam posisi tertinggal, Barito Putera berhasil mengais 1 poin dari pertandingan…

Featured-Image
Dua gol Gavin Kwan Adsit selamatkan Barito Putera saat menghadapi PSS Sleman. Foto – Net

bakabar.com, SLEMAN – Dua kali dalam posisi tertinggal, Barito Putera berhasil mengais 1 poin dari pertandingan melawan PSS Sleman, Sabtu (27/07/2019).

Barito melakukan banyak perubahan starter dalam tandang ke Stadion Maguwoharjo ini. Andri Ibo, Ady Setiawan, Ferdiansyah dan Gavin Kwan Adsit langsung diturunkan pelatih Yunan Helmi.

Namun PSS unggul lebih dulu melalui penalti Brian Pereira di menit 6, menyusul tekel telat Donni Monim kepada Kushedya Yudo.

Hanya semenit kemudian, Barito menyamakan kedudukan. Diawali tendangan sudut Evan Dimas, bola dikuasai Samsul Arif di kanan kotak penalti. Selanjutnya Samsul berakselerasi melewati adangan dua pemain lain, sebelum menyepak ke gawang.

Bola yang berusaha ditangkap Ega Pramana, justru terlepas dan langsung disambar Gavin dari jarak dekat.

Memasuki menit 11, PSS nyaris kembali memimpin. Namun sundulan Haris yang datang dari belakang untuk memanfaatkan crossing Yevhen Bokhashvili, masih jauh melambung.

Kemudian di menit 15 lewat proses yang sama, sundulan Haris membentur Andri Ibo dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Di sisi lain, Barito sedikit kesulitan mengembangkan permainan. Umpan direct ke depan kotak penalti, cukup mudah disapu pemain bertahan tuan rumah.

Peluang bagus diperoleh PSS di menit 28, ketika Derry Rachman membawa bola hingga ujung garis kotak penalti dan mengumpan ke depan gawang.

Sempat terjadi kemelut, bola disepak Yevhen ke gawang sambil memutar badan. Namun bola berhasil diblok Andri di dekat garis gawang.

Barito bisa saja mencetak gol lagi di menit 43, seandainya sepakan Evan Dimas gagal diblok Ega. Kemudian rebound yang berusaha disambut Samsul Arif, lebih dulu disapu Purwaka.

Tak lama kemudian melalui tendangan sudut, Gavin juga gagal menyelesaikan kesempatan. Mengambil bola liar hasil duel Ferdiansyah dan Derry, tendangan Gavin masih membentur mistar.

Selepas turun minum, PSS membuat peluang pertama melalui tendangan bebas Batata. Sepakan menyusur tanah itu kemudian dapat diamankan Aditya Harlan.

Kemudian di menit 50, PSS kembali memimpin melalui gol Yevhen. Berdiri di antara Lucas Rodriguez dan Donni, Yevchen lolos dari perangkat offside untuk menerima umpan atau lebih tepatnya tembakan Haris Tuharea.

Gol itu sempat diprotes Barito, mengingat posisi Yecvhen dengan garis offside cukup tipis. Namun wasit bergeming dan mengesahkan gol tersebut.

Selanjutnya permainan berlangsung cenderung cukup keras. Bahkan terjadi beberapa pelanggaran tidak perlu.

Di tengah kebuntuan permainan, Gavin muncul sebagai penyemangat. Pemain yang sempat merantau ke Liga Rumania ini membukukan brace di menit 76.

Ady berperan atas gol tersebut, ketika melepaskan sepakan yang menyebabkan kemelut di kotak penalti. Bola kemudian menuju Gavin dan langsung didorong ke tiang jauh.

5 menit menjelang bubaran, Barito membuang kesempatan unggul untuk kali pertama.

Crossing Rizky Ripora dari kiri kotak penalti sebenarnya sudah mengarah ke ruang bebas lawan. Tetapi Samsul yang menyambut bola, malah mengarahkan ke atas gawang.

Sementara peluang terakhir tuan rumah melalui freekick Haris, masih membentur pagar hidup Barito.

Dengan hasil imbang keenam sepanjang Liga 1 2019 ini, Barito memperbaiki posisi ke peringkat 14 klasemen lewat torehan 9 poin. Sedangkan PSS sementara naik ke urutan 8 dengan 13 poin.

PSS Sleman (4-3-3)
Ega Pramana; Bagus Nirwanto, Purwaka Yudhi (Gufron Ramadhan ’76), Ikhwan Ciptady, Derry Rachman; Guilherme Batata, Dave Mustaine, Brian Pereira (Ricky Kambuaya ’85); Kushedya Yudo (Irkham Zahrul ’22), Yevhen Bokhashvili, Haris Tuharea

Barito Putera (4-3-3)
Aditya Harlan; Nazar Nurzaidin, Donni Monim, Lucas Rodriguez, Andri Ibo; Ady Setiawan (Artur Viera ’86), Bayu Pradana, Evan Dimas (Paulo Sitanggang ’90); Ferdiansyah (Rizky Rizaldi Pora ’46), Samsul Arif, Gavin Kwan Adsit.

Baca Juga:Bermain di Markas Sleman, Barito Putera Bertekad Curi Poin

Baca Juga:Putra Asli Banua Sumbang 2 Gol Untuk Laskar Antasari Anum

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner