Hot Borneo

Diyakini dari Alam Gaib, Warga Datangi Rumah Penemu Barang Antik di Sungai Rangas Tengah Banjar

Diyakini dari alam gaib, puluhan warga mendatangi rumah penemu sejumlah barang antik di Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Banjar.

Featured-Image
Viral penemuan diduga barang antik dalam Sungai Martapura di Desa Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat. Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Diyakini dari alam gaib, puluhan warga mendatangi rumah penemu sejumlah barang antik di Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Banjar.

Benda-benda antik tersebut ditemukan Masroni, Sabtu (10/12) sore. Penemuan terjadi secara tidak sengaja, ketika warga RT 03 ini sedang mandi di sungai. Pencarian pun akhirnya dilakukan kembali secara manual, Minggu (11/12).

"Total 21 barang yang ditemukan seperti piring malawen, pedang dan samurai sepanjang sekitar 1 meter. Juga ditemukan pedang beruliskan asma Allah," papar Kepala Desa Sungai Rangas Tengah, Muhammad Noor, Senin (12/12).

Sebagian piring bertuliskan ayat Al-Qur'an seperti Surah Al-Falaq dan Al-Ikhlas.  Terdapat pula piring bertulisan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) atau Perusahaan Hindia Timur Belanda.

Begitu mendengar temuan barang antik, warga pun berdatangan untuk melihat  langsung. Malah tak sedikit warga yang meminta air dari piring tersebut untuk dibawa pulang.

Sebagian mereka meyakini barang antik tersebut berasal dari alam gaib, karena Sungai Rangas Tengah tidak memiliki sejarah sebagai pusat kerajaan.

"Kalau berasal dari kerajaan dulu, setahu saya di Desa Sungai Rangas Tengah tidak memiliki sejarah keberadaan kerajaan. Namun dari cerita orang-orang tua dulu,  banyak yang percaya soal keberadaan kerajaan gaib," imbuh Muhammad Noor.

Untuk memastikan temuan tersebut, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Banjar bersama arkeolog, sedang berada di lokasi untuk melakukan peninjauan.

Editor


Komentar
Banner
Banner