Pemkab Banjar

Disbudporapar Banjar Ajak Pemuda Ikut Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara, Nih Caranya!

Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar mengajak pemuda mengikuti seleksi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara

Featured-Image
Disbudporapar Kabupaten Banjar mengajak pemuda mengikuti seleksi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tahun 2023. foto-istimewa.

bakabar.com, MARTAPURA - Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Banjar mengajak pemuda Bumi Barakat mengikuti seleksi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tahun 2023.

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara adalah program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, dalam rangka menggali dan memberdayakan potensi pemuda di daerah sekaligus potensi muda nasional melalui kerjasama internasional.

Program ini dilaksanakan melalui kerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi serta melibatkan dinas kepemudaan di kabupaten/kota.

Dijelaskan Kabid Kepemudaan Disbudporapar Banjar, Noor Syawli Syahri, sesuai edaran Dispora Provinsi Kalsel, tahun 2023 ini ada 2 negara tujuan yakni Korea dan Australia.

"Untuk Provinsi Kalsel mendapatkan kuota 2 orang, yakni 1 orang putra ke Korea (PPIKor) dan 1 orang putri ke Australia (PPIA)," ujarnya.

Seleksi bakal digelar 6 – 8 Mei 2023 di Banjarmasin. Persyaratan umum seleksi PPAN adalah usia pada saat seleksi 21-25 tahun bagi putri ke Australia, dan usia 18-24 tahun untuk putra ke Korea.

Syarat lainnya sehat jasmani dan rohani, tidak merokok, bebas narkoba, pendidikan terakhir minimal SMA/SMK, belum menikah, peserta BPJS Kesehatan aktif, dan berkelakuan baik yang dibuktikan dengan SKCK, serta wajib membawa surat rekomendasi dari dinas kepemudaan.

“Yang paling penting calon peserta mempunyai aktivitas program di berbagai bidang, contohnya aktivitas sosial, seni budaya, kewirausahaan, olahraga, dan lainnya,” ungkap Syawli.

Syawli menegaskan, kesempatan ini terbuka seluas-luasnya bagi pemuda Kabupaten Banjar yang mempunyai potensi agar bisa ikut serta dalam program PPAN.

Ia mengungkapkan, sepanjang pelaksanaan Pertukaran Pemuda Antar Negara sudah ada 3 pemuda dari Kabupaten Banjar yang berhasil mengikutinya.

"Tahun 2015 ke Australia diwakili oleh M Fitri Yandhi Pratama asal Martapura. 2017 Nor Amelia dari Kertak Hanyar yang ikut ke Korea, dan Akhmad Salafuddin yang mengikuti SIYLEP ke Singapura pada tahun 2021," terangnya.

Untuk pendaftaran calon peserta PPAN dibuka secara online KLIK DI SINI

Informasi silakan hubungi 0812 802 5599 (Lia) / 0821 5482 6730 (Fatma).

Baca Juga: Bupati Banjar, Wabup, dan Jajaran Membayar Zakat Melalui Baznas

Editor


Komentar
Banner
Banner