Tak Berkategori

Dinas PUPR Tabalong Ungkap Program Strategis untuk Dukung IKN

apahabar.com, TANJUNG – Tahun 2021 segera berakhir. Selama tahun ini, banyak program strategis Pemkab Tabalong, khususnya…

Featured-Image
Pemindahan devider jalan Ir PHM Noor merupakan salah satu program prioritas Pemkab Tabalong. Saat ini pekerjaan sudah hampir rampung. Foto – apahabar.com/M.Al-Amin.

bakabar.com, TANJUNG – Tahun 2021 segera berakhir. Selama tahun ini, banyak program strategis Pemkab Tabalong, khususnya untuk menyangga ibu kota negara baru (IKN).

Salah satu program berada di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Kepala Dinas PUPR Tabalong, Agung Wibawa Subrata, menguraikan sejumlah program strategis tersebut.

Pertama, pelebaran jalan di depan Hotel Aston hingga ke perbatasan kota di Maburai.

“Panjangnya sekitar 600 meter,” ucapnya.

Kemudian, pembangunan trotoar Mabuun- Batas Kota, pemindahan devider jalan Ir.PH.M Noor di Kecamatan Murung Pudak, dan
peningkatan jalan Binjai – Salikung – Kumap di Kecamatan Muara Uya.

“Ada juga peningkatan jalan Burum – Mihol dan Kuari – Mihol, jalan Kalingai – Rungun, Rungun – Misim, jembatan Sakuyah – Bina Desa di Wilayah Kecamatan Bintang Ara,” beber Agung.

Program strategis lainnya yakni pembangunan ruas jalan simpang empat Islamic Center – Tanjung Selatan.

“Kawasan itu nantinya akan dijadikan kawasan Tanjung Baru sebagai akses jalan alternatif mengurai kemacetan kendaraan di dalam kota. Juga membuka kawasan permukiman baru di wilayah Kecamatan Murung Pudak,” terangnya.

Selanjutnya, di jalan Basuki Rahmat – Hikun ada pemeliharaan jalan dan pembenahan Kecamatan Tanjung.

Selain di Bidang Bina Marga, program strategis lainnya juga ada Bidang Cipta Karya. Seperti proyek Sistem Pengembangan Air Minum (SPAM) jaringan perpipaan di Desa Jirak Kecamatan Pugaan.

“Untuk mendukung ketahanan pangan, pada Bidang Sumber Daya Air melakukan pembangunan irigasi disejumlah titik dan ada juga embung Jaro,” beber Agung.

Semua program strategis tersebut juga untuk mempersiapkan Tabalong sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur.

“Yang jelas setelah ditetapkannya IKN di Kaltim, Kabupaten Tabalong mulai mempersiapkan diri untuk mewujudkan daerah ini terdepan menyangga IKN,” pungkas Agung.



Komentar
Banner
Banner