Dinas PUPR Kalsel

Dinas PUPR Kalsel: Distribusi SPAM Banjarbakula Bakal Bertambah

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas PUPR Kalsel menargetkan tambahan jaringan distribusi air SPAM Banjarbakula di sepanjang Jalan…

Featured-Image
Reservoir IPA Pinus 2 di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Foto: Istimewa

bakabar.com, BANJARBARU – Dinas PUPR Kalsel menargetkan tambahan jaringan distribusi air SPAM Banjarbakula di sepanjang Jalan Trikora hingga Guntung Manggis Banjarbaru.

“Sepanjang tujuh kilometer,” ujar Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto, Selasa (3/5), dikutip dari Banjarmasin Post.

SPAM atau Sistem Penyediaan Air Minum regional Banjarbakula tahap dua dari Kementerian PUPR bakal diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kalsel.

Pembangunan tahap II SPAM Regional Banjarbakula di Kota Banjarbaru yang kini telah selesai dikerjakan Kementerian PUPR pada akhir 2021 lalu dijadwalkan akan diserahkan pada Mei 2022.

Dalam waktu dekat, kata dia, akan ada serah terima operasional ke Pemprov Kalsel.

“Semacam pinjam pakai dulu dari Kementerian PUPR. Karena bila operasionalnya menunggu proses administrasi hibah akan memakan waktu bertahun-tahun,” ujarnya, dilansir Banjarmasin Post.

Operasional SPAM Banjarbakula tahap II berkapasitas 500 liter per detik sudah diujicobakan di Desember 2021.

“Hasilnya sesuai yang diharapkan mampu menyalurkan air 500 liter per detik ke IPA (instalasi pengolahan air),” katanya.

Oleh karena itu, dengan tambahan kapasitas 500 liter per detik, maka kapasitas total SPAM Banjarbakula menjadi 750 liter per detik. Karena sebelumnya SPAM Banjarbakula hanya berkapasitas 250 liter per detik.

Untuk menyerap peningkatan kapasitas SPAM Banjarbakula, Dinas PUPR Kalsel melalui bidang Cipta Karya pada tahun anggaran 2022 melaksanakan peningkatan jaringan distribusi air bersih.

Selain itu juga, pada tahun 2022, Dinas PUPR juga akan membangun tambahan jaringan distribusi air SPAM Banjarbakula di sepanjang Jalan Trikora hingga Guntung Manggis Banjarbaru sepanjang tujuh kilometer.

“Dari 500 liter per detik itu, 300 liter per detik ke reservoir Muslimin dan sisanya disalurkan melalui jaringan distribusi yang sedang kita bangun,” jelasnya.

Distribusi SPAM Banjarbakula tahap II tersebut meliputi wilayah Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tanah Laut (Tala).

Dari 500 liter per detik tersebut diharapkan dapat meningkatkan sambungan rumah (SR) sebanyak 40.000 SR pada tiga wilayah layanan yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tala.

"Jadi, ini dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan masyarakat kita di wilayah Banjarbakula," tutupnya.



Komentar
Banner
Banner