Tak Berkategori

Diiringi Aqiqahan Warga, Langgar Darul Iman Teluk Tiram Peringati Isra Mi’raj

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah lokasi di Banjarmasin telah menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW….

Featured-Image
Tokoh masyarakat Teluk Tiram, Iderus bersama pengurus Langgar Darul Iman Teluk Tiram Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto.

bakabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah lokasi di Banjarmasin telah menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW. Salah satunya di Langgar Darul Iman Teluk Tiram, Banjarmasin Barat, Senin (18/3) malam Wita.

Perayaan Isra Mi’raj merupakan salah satu bentuk kecintaan umat muslim terhadap Nabi Besar Muhammad SAW. Seperti warga Teluk Tiram Darat Gang Tiga Empat, Kelurahan Teluk Tiram, Banjarmasin Barat ini.

Baca Juga:Kerap Terjadi Lakalantas, Warga Urunan Tutupi Lubang Jalan Margasari Tapin

Peringatan ini dilaksanaan saban tahun di bulan Rajab. Terutama mengingat dua kejadian besar yang telah di alami baginda nabi. Yakni dua peristiwa besar dalam satu malam.

Diiringi tabuhan rebana dan syair Maulid Habsyi yang di bawakan rombongan Maulid Habsyi Al Faruk, mengawali pelaksanaan peringatan Isra dan Mi’raj.

Pelaksanaan peringatan Isra mi’raj di Langgar Darul Iman Teluk Tiram Banjarmasin ini terasa mulai khidmat, saat kumandang ayat-ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan Qori Muhammad Iqbal membahana.

Dalam isi ceramahnya, Muhamad Rizal Fathoni menceritakan riwayat perjalanan Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW.

Karena dua peristiwa ini terjadi pada waktu yang bersamaan maka disebutlah Isra Mi’raj. Isra merupakan kisah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsha di Yerussalem.

Sedangkan Mi’raj merupakan kisah perjalanan Nabi dari bumi naik ke langit ketujuh dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Al-Quran telah menempatkan Masjid Al-Aqsha dalam kemuliaan,terlebih saat terjadinya peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Hikmah yang dapat diambil dalam isi ceramah ini, di antaranya mengetahui sejarah besar Isra Mi’raj tentang perintah sholat lima waktu. Disamping itu pentingnya besalawat kepada Nabi Besar Muhammad Saw serta mengajarkan keharusan untuk beradab terhadap orang tua.

Tokoh masyarakat setempat, Iderus mengatakan, semangat gotong royong serta partisipasi warga dalam melaksanakan kegiatan peringatan Isra Mi’raj ini, merupakan hal yang membudaya di masyarakat Gang Tiga Empat Teluk Tiram Banjarmasin.

Tiap tahun acara diselingi dengan Aqiqahan warga. “Peringatan Isra Mi’raj yang selalu dibarengi dengan Aqiqah ini dilakukan dengan sistem arisan. Sehingga warga yang tidak mampu pun dapat melaksanakan aqiqah,” ungkap Iderus kepada Apahabar.com usai menggelar peringatan.

Langgar Darul Iman juga memiliki majelis yaitu Majelis Al Barokah. Rutin melakukan pengajian dan kegiatan yasinan sebanyak dua kali dalam setiap pekannya.

Baca Juga:Juara MTQ Nasional ke-51 Tingkat Kota Wakili Banjarmasin ke Ajang Provinsi

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner