Pemprov Kalsel

Dibuka Paman Birin, Musprov Pilih Sinta Laksmi Dewi Ketua Kadin Kalsel

apahabar.com, BANJARBARU – Hj Sinta Laksmi Dewi SE terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kalimantan…

Featured-Image
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin di Musprov Kadin Kalsel, Senin (12/9) malam. Foto-Humpro Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU – Hj Sinta Laksmi Dewi SE terpilih sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kalimantan Selatan (Kalsel) periode 2022-2027, Senin (12/9) malam.

Shinta terpilih dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) ke-VII Kadin Kalsel di Rattan In Banjarmasin.

Pada Musrprov Kadin Kalsel itu, Shinta unggul dari pesaingnya H Sairidi Salim MM. Shinta meraup 37 suara, sementara Sairidi 31 suara.

Membuka Musprov Kadin, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin mengingatkan peran penting pengusaha bagi Banua.

Ia menyebut pengusaha punya andil besar mewujudkan Banua sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Kadin Kalsel menurutnya dapat mengoptimalkan peranan fungsinya serta dapat menciptakan dan mengembangkan iklim dunia usaha yang kondusif, bersih dan transparan.

“Juga dapat terus bersinergi dengan berbagai pihak, untuk menggali dan mengembangkan segala potensi ekonomi yang dimiliki,” ujar Paman Birin, Selasa (13/9).

Kadin Kalsel kata dia, merupakan wujud pelaksanaan undang-undang, sebagaimana yang tertuang dalam undang-undang nomor 1 tahun 1987 tentang Kamar Dagang dan Industri.

Saat ini kata dia, pemerintah sangat konsen dalam pembinaan dan pengembangan dunia usaha atau pengusaha lokal, termasuk pengembangan UMKM.

Pemerintah pusat maupun daerah, diwajibkan untuk mengalokasikan sedikitnya 40 persen anggaran belanja barang dan jasa, untuk penggunaan produk UMKM atau produk lokal.

Menurutnya, Kalsel juga harus siap untuk menyambut hadirnya IKN untuk menjadi daerah pendukung dan daerah penyangga.

"Kesiapan ini telah direfleksikan dalam visi Kalsel. Yaitu Mandiri, Sejahtera, dan Berkelanjutan (Maju) sebagai gerbang IKN," papar Paman.

Ia berharap, masyarakat dan pengusaha Banua mampu memaksimalkan kesempatan terkait kebijakan pemerintah ini. selain itu, para pengusaha juga mampu mengambil peran penting dalam cita-cita besar banua.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, Musprov kali ini mengangkat tema 'Kalimantan Selatan Bergerak dalam Pemulihan Pasca Pandemi'.

Selain mengevaluasi kinerja, Musyawarah Provinsi kali ini juga bertujuan untuk memilih Ketua KADIN Kalsel periode 2022 - 2027.

Arsjad menuturkan, tentu semua berharap siapa pun jadi ketua, agar bisa membawa Kadin Kalsel bersinergi dengan pemerintah daerah.

Merangkul pelaku usaha di kabupaten/kota, karena Kadin adalah rumahnya pengusaha. Apalagi, Kalsel menjadi pintu gerbang IKN.

“Sehingga banyak sektor usaha yang bisa digarap untuk mendukung hal itu," tandasnya.



Komentar
Banner
Banner