Waspada Penyakit Musim Hujan

Diare sampai Tifus, Waspada Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan

Pada musim ini jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh.,

Featured-Image
Ilustrasi waspada penyakit di musim hujan (Foto: dok. LPM Kinday)

bakabar.com, JAKARTA - Beberapa wilayah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Untuk itu, ada banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk dalam menghadapi beragam ancaman penyakit.

Pada musim ini jenis mikroba akan lebih mudah berkembang biak yang akan menyerang sistem kekebalan tubuh.

Daya tahan tubuh yang tidak stabil akan membuat bakteri serta virus mudah masuk dan berkembang lebih cepat sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit.

Tubuh harus waspada terhadap penyakit yang muncul pada musim ini dengan selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang kerap menjangkiti ketika musim hujan tiba:

1. Diare

Penyakit gangguan pencernaan ini disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi bakteri dan virus. Pada musim penghujan, bakteri mudah berkembang biak sehingga anda perlu waspada terhadap makanan yang dikonsumsi.

Untuk mencegah bakteri tersebut masuk ke tubuh, sebaiknya Anda harus selalu menjaga imun tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin dan memenuhi gizi seimbang serta menjalani pola hidup bersih sehat.

2. Demam Berdarah

Pada musim penghujan, sering anda jumpai sampah yang berserakan serta genangan air dimana-mana.

Hal tersebut dapat memicu berkembang-biaknya nyamuk yang membawa virus dengue dan disebarkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypty dan Aedes Albopictus.

Jenis nyamuk ini berkembang-biak pada genangan air, hal inilah yang menyebabkan penyakit DB sering dijumpai pada musim hujan.

Penyakit ini menimbulkan beberapa gejala, diantaranya muncul bintik-bintik merah pada kulit, demam, sakit kepala dan nyeri pada tulang. 

3. Influenza

Penyakit ini sering menyerang masyarakat terutama pada musim hujan dan musim pancaroba (pergantian musim).

Penyakit influenza atau yang sering disebut sebagai flu ini merupakan penyakit imfeksi saluran pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Penderita flu dapat mengalami gejala demam, pilek, sakit kepala, hidung tersumbat hingga batuk. Mengingat bahwa virus ini mudah menular, terutama bila anda berada didekat seseorang yang menderita influenza.

Ketika penderita bersin ataupun batuk sebaiknya tutup hidung ataupun mulut menggunakan tisu agar penularan virus influenza tidak terjadi.

4. Tifus

Demam tifoid atau tifus adalah penyakit yang sering terjadi saat memasuki musim hujan.

Faktor kebersihan makanan yang harus dijaga agar tidak terjangkit penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella thyphi. Bakteri ini biasanya menular dan ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi.

 Itulah sejumlah anacaman penyakit yang perlu diwaspadai ketika musim penghijan datang. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Editor
Komentar
Banner
Banner