DPRD Tanah Bumbu

Dewan Tanbu Sampaikan Dua Raperda Inisiatif

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna penyampaian dua Raperda Inisiatif. Raperda tersebut yakni…

Featured-Image
Penyampaian dua raperda inisiatif oleh DPRD Tanah Bumbu. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna penyampaian dua Raperda Inisiatif.

Raperda tersebut yakni Raperda Izin Penyelenggaraan Jalan Khusus Perusahaan dan Raperda tentang Pengelolaan Alur Sungai.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu, Said Ismail Khollil Alydrus, didampingi Wakil Ketua II, Agoes Rakhmady, serta dihadiri Sekretaris Daerah, H Ambo Sakka, Senin (17/1).

“Raperda Inisiatif DPRD ini sebagai wujud dari pelaksanaan amanat peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi di atasnya,” ungkap Wakil Ketua II, Agoes Rakhmady.

Agoes mengatakan Raperda tersebut bertujuan untuk mewujudkan keamanan, kenyamanan, ketertiban, dan keselamatan pengguna jalan serta kepastian hukum penyelenggaraan jalan khusus di daerah.

Kemudian juga untuk mewujudkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antar pemangku kepentingan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan DAS untuk meningkatkan daya dukung DAS.

Selanjutnya untuk mewujudkan penyelenggaraan jalan khusus yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan di daerah, dan konsep pembangunan jalan berkelanjutan dan mewujudkan kelestarian fungsi dan manfaat sumber daya alam DAS dalam menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan dan keseimbangan dinamik ekosistem DAS.

Agoes menyebut Raperda tersebut juga untuk terwujudnya tertib dan keterpaduan penyelenggaraan jalan di daerah dan mewujudkan kondisi tata air pada DAS secara optimal meliputi jumlah, kualitas, dan distribusinya.

Selain itu juga untuk mewujudkan penguasaan jalan khusus yang sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan mewujudkan kondisi lahan yang produktif sesuai daya dukung lingkungan DAS.

“Ini juga mewujudkan peran masyarakat dalam penyelenggaraan jalan khusus serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” tuturnya.

Agoes berharap dengan upaya kerja keras serta sinergisitas yang terus dibangun, semua mampu meraih cita-cita pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Bersujud.

“Untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu terbentuknya masyarakat Tanah Bumbu sebagai perwujudan serambi madinah dalam ridho Allah SWT,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner