Relax

Deretan Wasit Paling Kontroversial yang Merusak Pertandingan dalam Sejarah Sepak Bola

apahabar.com, JAKARTA –  Hasil  dari duel Chelsea melawan Tottenham Hotspurs (15/8) yang berakhir imbang 2-2, memunculkan kontroversi terhadap sosok…

Featured-Image
Tom Henning Ovrebo (Foto: Libero.id)

bakabar.com, JAKARTA - Hasil dari duelChelseamelawanTottenham Hotspurs (15/8) yang berakhir imbang 2-2, memunculkan kontroversi terhadap sosok wasit yang dinilai merugikan Chelsea.

Melansir dari Vivagoal.com, wasit yang memimpin pertandingan antara kedua tim tersebut sendiri adalah Anthony Taylor.

Ia dianggap tidak profesional karena membuat keputusan yang dinilai berpihak, contohnya saat Thomas Tuchel mendapatkan kartu merah setelah terlibat cek cok dengan Antonio Conte.

img

Anthony Taylor (Foto: Detik.com)

Selain itu ada juga pelanggaran yang dilakukan Cristian Romero kepada Marc Cucurella pada menit ke 90+6 saat sebelum Harry Kane mencetak gol dimana sang wasit justru tidak mengindahkan pelanggaran tersebut.

Atas keputusan sang wasit, fansThe Bluesnaik darah dan akhirnya mengeluarkan kemarahan dengan membuat petisi untuk memastikan sang wasit tak bisa memimpin laga yang melibatkan skuatThe Blueske depannya.

Sorotan yang menimpa Taylor bukan hal baru dalam laga persepakbolaan dunia. Di mana sebagai pihak yang bertugas menjaga dan menegakkan peraturan, justru dianggap sebagai biang kerok akibat tidak menjalankan tugasnya secara adil saat mengawal pertandingan.

Dan berikut adalah deretan wasit kontroversial sepanjang sejarah sepakbola yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tom Henning Ovrebo

Nama Ovrebo mendapat predikat sebagai musuh bebuyutan seluruh penggawa Chelsea dan supporternya. Bagaimana tidak, wasit asal Norwegia itu pernah melukai hati fans Chelsea, tepatnya pada semifinal leg kedua Liga Champions antara Chelsea dan Barcelona pada 6 Mei 2009 yang lalu.

Pada pertandingan tersebut, Ovrebo beberapa kali mengabaikan pelanggaran yang dilakukan oleh pemain Barcelona. Terutama saat tendangan Michael Ballack yang jelas mengenai tangan Samuel Eto'o di dalam kontak pinalti yang dihiraukan oleh Ovrebo.

Sontak hal tersebut membuat Ballack dan rekan setimnya protes kepada Ovrebo, karena hal tersebut seharusnya handsball.

Tidak mau dianggap memihak Barcelona, Ovrebo lagi-lagi membuat keputusan aneh dengan mengusir Eric Abidal yang tidak melakukan pelanggaran terhadap Nicolas Anelka.

2. Gamal Al Ghandour

Hampir sama dengan Ovrebo, Gamal menjadi dalang kekalahan timnas Spanyol atas Korea Selatan di Perempat Final Piala Dunia 2002.Di mana Spanyol takluk di hadapan Korsel setelah dua gol dari Ivan Helguera dan Fernando Morientes dianulir oleh Gamal tanpa keterangan yang jelas.

Karena hal tersebut, Korea Selatan yang pada saat itu menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002 berhasil lolos ke Semifinal setelah memenangkan pertandingan melalui adu penalti.

3. Valentin Ivanov

Nama Valentin Ivanov mungkin tidak setenar Obrevo dan wasit kontroversi lainnya, namun Ivanov dicap sebagai wasit yang paling gila selama Piala Dunia 2006.

Wasit asal Rusia itu mengadakan pesta kartu kuning dan merah saat pertandingan Portugal dan Belanda. Dalam satu laga, Ivanoc telah mengeluarkan 16 kartu kuning dan empat kartu merah.

Costinha dan Deco merupakan pemain Portugal yang mendapat kartu merah, sedangkan dari pihak Belanda, ada Giovanni van Bronckhorst yang diusir dari lapangan karena kartu merah.

4. Antonio Mateu Lahoz

Jika ada pelatih yang trauma terhadap wasit, mungkin Pep Guardiola salah satunya. Diketahui, pelatih Manchester City tersebut sangat membenci wasit Antonio Mateu Lahoz.

Hal itu bukan tanpa alasan, pasalnya Lahoz telah membuat keputusan yang merugikan Man. City setelah rival sekota Manchester United itu kalah dari AS Monaco di laga Liga Champions musim 2017.Kesialan ini kembali terulang oleh Pep dan anak asuhnya kontra melawan Liverpool di Liga Champions 2018.

Di pertandingan tersebut, Lahoz memberikan enam kartu kuning kepada penggawa City dengan alasan yang tidak pantas sama sekali.Tak henti di situ, dia juga membuat Guardiola marah besar setelah mengabaikan gol Leroy Sane karena menurutnya offside.

Guardiola tak tinggal diam, ia pun menyerbu ke lapangan untuk memprotes keputusan Lahoz. Namun, wasit asal Spanyol itu sangat percaya diri dengan keputusannya yang buruk, dan segera mengusir Guardiola dari lapangan. The Citizens kemudian kalah 2-1 dan tersingkir dari Liga Champions.

Itulah sederet wasit yang mencatatkan sejarah dan mengundang sorotan dunia karena keputusannya yang dianggap tidak profesional. (Riyan)

Komentar
Banner
Banner