Info Kesehatan

Dari Korban Kebakaran Plumpang, Mengenal Level Luka Bakar dan Penanganannya

Tragedi kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang mengakibatkan puluhan orang mengalami luka bakar serius.

Featured-Image
Ilustrasi Luka Bakar. Foto: Alomedika.

bakabar.com, JAKARTA - Tragedi kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang mengakibatkan puluhan orang mengalami luka bakar serius.

Menyoal kondisi luka bakar yang dialami tersebut, sejatinya ada level atau kondisi yang menggolongkan jenis penanganan bagi korban.

Sebagai informasi, melansir laman Alodokter, luka bakar umumnnya merupakan kondisi kerusakan jaringan tubuh yang disebabkan oleh suhu panas, misalnya karena air, uap, minyak panas, bahan kimia keras, listrik, radiasi, atau gas yang mudah terbakar.

Kulit yang mengalami luka bakar biasanya terasa nyeri serta tampak kemerahan, melepuh, mengelupas, bengkak, dan bahkan terlihat hangus. Keparahan atau derajat luka bakar dapat dikategorikan menjadi beberapa tingkat, mulai dari yang ringan hingga berat.

Mengenal Derajat Luka Bakar dan Gejalanya

Derajat luka bakar dapat diklasifikasikan menjadi tiga tingkat, yakni tingkat 1, 2, dan 3. Setiap derajat luka bakar dinilai berdasarkan tingkat keparahan dan kerusakan yang terjadi pada kulit. Berikut ini adalah derajat luka bakar berdasarkan tingkat keparahannya:

Tingkat 1 (Superficial Burn)

Pada luka bakar tingkat 1, kerusakan hanya terjadi di epidermis atau lapisan kulit luar. Ciri-ciri yang ditimbulkan pada derajat luka bakar tingkat 1 adalah kulit tampak merah, kering, dan terasa sakit.

Luka bakar tingkat 1 dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Luka bakar ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Tingkat 2 (Superficial Partial-thickness Burn)

Derajat luka bakar tingkat 2 terjadi pada epidermis dan sebagian lapisan dermis (lapisan kulit yang lebih dalam). Ketika mengalami luka bakar tingkat 2, kulit tampak merah, lecet, melepuh, bengkak, dan menimbulkan nyeri hebat.

Luka bakar tingkat 2 dapat terjadi ketika kulit bersentuhan sebentar dengan benda panas. Luka bakar ini bisa ditangani dengan beberapa metode pengobatan tanpa operasi atau bedah, termasuk mengoleskan salep antibiotik sesuai anjuran dokter.

Tingkat 3 (Full Thickness Burn)

Kerusakan jaringan pada derajat luka bakar tingkat 3 mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi.

Kulit yang mengalami luka bakar tingkat 3 tampak putih, tetapi juga dapat terlihat hangus, kasar, dan mati rasa. Operasi atau bedah menjadi pilihan utama untuk menangani luka bakar ini.

Editor


Komentar
Banner
Banner