Pemkab Tabalong

Dapat Program Stimulan Kemendes PDTT, Desa di Tabalong Diminta Ajukan Proposal

Kementerian Desa PDTT siap menggelontorkan bantuan program bagi desa-desa di Kabupaten Tabalong.

Featured-Image
Kepala Bappedalitbang HM Noor Rifani dan Kadis PMD Tabalong H Erwan, saat bertemu jajaran Kemendes PDTT. Foto - Prokopim Setda Tabalong.

bakabar.com, TANJUNG - Kementerian Desa PDTT siap menggelontorkan bantuan program bagi desa-desa di Kabupaten Tabalong. Bantuan program tersebut untuk mengembangkan potensi pariwisata desa di Bumi Sarabakawa.

Hal itu diketahui setelah Pemkab Tabalong bersama Kemendes PDTT menggelar Focus Group Discussion (FGD) baru-baru tadi.

"Untuk mendapatkan bantuan program stimulan pengembangan pariwisata di Tabalong desa diminta menyusun proposal dan mengajukannya ke Kemendes PDTT," kata Kepala Bappedalitbang Tabalong,HM Noor Rifani baru-baru tadi.

Kata Fani, proposal tersebut nantinya  dilengkapi dengan berbagai data inventaris pariwisata desa, di antaranya progres pengembangan pariwisata, sarana, dan prasarana serta jumlah pengunjung di tempat wisata desa.

"Meski desa diminta mengajukan proposal, namun kita belum mengetahui nominal anggaran dan kota untuk program tersebut," ucapnya.

Meski demikian, sambung Fani, desa yang sudah mempunyai data-data tersebut bisa segera menyusun proposal untuk mendapat bantuan program dari Kemendes PDTT.

"Kami bersama DPMD siap meneruskan proposal dari desa ke Kemendes PDTT," katanya.

Fani berharap seluruh desa di Tabalong, baik yang baru memulai atau belum menjalankan pariwisata dapat berpartisipasi melakukan inventarisir desa untuk pengajuan proposal ini.

"Inventarisir tersebut penting bagi Pemkab Tabalong dalam menyusun masterplan pariwisata di daerah ini," sebutnya.

Sementara itu, pada FGD itu hadir Kepala DPMD Tabalong, Erwan Mardani, para camat dan sejumlah kepala desa yang sudah menjalankan pariwisata di desanya. Sementara dari Kemendes PDTT berhadir Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Iwan Yuliadi beserta jajarannya.

Editor


Komentar
Banner
Banner